LSI: 3 Rapor Merah, 2 Rapor Biru


Kamis, 29 Januari 2015 - 20:01:19 WIB
LSI: 3 Rapor Merah, 2 Rapor Biru

Dari ketiganya, bidang hukum mendapatkan penilaian paling rendah. Hanya sebesar 40.11 % publik yang menyatakan puas, sedangkan sebesar 53.11 % menyatakan kecewa atau tak puas. Dikatakannya, salah satu penyebab utama rendahnya kepuasaan publik di bidang hukum dikarenakan banyaknya kasus yang terjadi, dimulai dari penundaan pelantikan Kapolri Budi Gunawan yang berlanjut pada perselisihan antara KPK-Polri.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Di bidang ekonomi, hanya sebesar 47.29 % publik menyatakan puas terhadap kinerja 100 hari pemerintahan Jokowi, 48,71 % menyatakan tidak puas.

Dia menambahkan, rendahnya kepuasaan di bidang ekonomi salah satu disebabkan kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM justru ketika harga minyak dunia sedang turun. Meski pemerintah telah menurunkan kembali harga BBM, namun tidak begitu berpengaruh terhadap kepuasan publik. Di bidang politik, hanya sebesar 45.30 % publik yang menyatakan puas. Sedangkan 49.72 % menyatakan tidak puas. “Ketidakpuasan publik di bidang politik dalam 100 hari pemerintahan Jokowi disebabkan karena Perseteruan antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH)” terangnya.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Sedangkan rapor biru pemerintahan Jokowi adalah di bidang sosial dan keamanan. Di bidang sosial, mereka yang puas dengan kinerja Jokowi  sebesar 53.86 %,  hal ini ddipengaruhi adanya beberapa kebijakan pemerintah seperti KIS, KIP, KIS. Beberapa program tersebut  cukup meyakinkan publik tentang ada upaya serius Pemerintah untuk menanggulangi permasalahan sosial. Mereka yang menyatakan tak puas sebesar 40.12 %.

Selain itu, di bidang keamanan, publik yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi  sebesar 57.40 %, hal ini disebabkan selama masa 100 hari ini tak ada masalah keamanan serius yang mengancam keamanan nasional. Sementara yang menyatakan tak puas dengan kinerja Jokowi di bidang keamanan sebesar 33.14 %. (h/lex)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]