Embung Paninjauan Segera Dibangun


Jumat, 30 Januari 2015 - 19:14:18 WIB
Embung Paninjauan Segera Dibangun

Dalam kesempatan kunjungan itu, Irdinansyah tampak didampingi Kepala Dinas PU Thamrin Basrul, kepala Kantor Lingkungan Hidup Viverry, Kabid kehutanan Refreasel, Wali Nagari Paninjauan J Dt Tuah Nan Kuniang, KAN, ninik mamak, pemuka masyarakat setempat dan pihak PSDA Sumbar.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

“Pembangunan embung ini me­mi­liki banyak manfaat, antara lain penahanan air, menjaga kesuburan lahan pertanian, untuk irigasi, men­jaga sumber mata air yang saat ini dimanfaatkan oleh PDAM Padang Panjang,” kata Irdinansyah.

Rencana pembangunan Embung yang berlokasi di tanah ulayat Nagari Paninjauan ini masih terkendala tentang izin dari KSDA. Karena menurut peta RTRW dan peta satelit, sebagian kecil lokasinya berada pada kawasan konservasi. “Jika izin sudah didapat dari pihak KSDA, maka pembangunan segera akan dimulai,” ujar Irdinansyah.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Berbeda dengan keterangan Wali Nagari dan KAN Paninjauan. Lokasi rencana pembangunan embung ini disebutkan berada di luar kawasan konservasi, karena pancangnya bera­da di luar lahan. “Sampai saat ini pancang itu masih ada dan dapat dijadikan bukti,” sebut Wali Nagari Paninjauan.

“Untuk itu, diharapkan SKPD terkait segera mengkonsultasikannya dengan KSDA Sumbar, sehingga embung yang sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat ini dapat terlaksana. Embung Paninjauan juga bisa dijadi­kan objek wisata dan lokasi lomba mancing, alamnya indah dan sejuk dan akan membuat orang tertarik datang kesini, ujar Irdinansyah,” ujar Irdinansyah. (h/one)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]