Trio Golkar Pecah Kongsi


Jumat, 30 Januari 2015 - 19:25:04 WIB

“Pemasangan gambar kami bertiga dalam baliho tersebut sebagai pernyataan kami bertiga siap maju sebagai gubernur dan wakil gubernur. Ini juga untuk efektifitas dan efisiennya ang­garan karena terbatasnya ke­mampuan finasial dari ma­sing-masing kami,” sebut M Shadiq Pasadigoe pada waktu itu ketika ditanya perihal mun­culnya bali­ho Trio Golkar ini.

Menurut Syamsu Rahim, Partai Nasdem mempunyai misi yang sangat luar biasa terlihat dari ko­mitmen pendiri partai Nasdem tentang restorasi Indonesia yang menjalar hingga ke daerah.  “Insyaallah sudah sejalan dengan pemikiran saya, yang dasarnya untuk mem­bangun Sumbar lebih baik, terlebih lagi aspek budaya, dan adat,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Syamsu Rahim menyatakan motivasi untuk mendaftar dan mencalon sebagai gubernur Sumbar, karena visi dan misi Nasdem yang mengusung kebi­jakan restorasi (perubahan) dan menurutnya Sumbar bu­tuh perubahan itu.

“Aspek lain yang juga men­dorong saya untuk men­ca­lonkan diri dari Nasdem ada­lah untuk membawa peru­bahan bagi Sumbar, baik dari aspek budaya maupun adat. Pasalnya budaya Minang di Sumbar saat ini sudah mulai memudar,” jelasnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, yakni kurangnya rasa hormat dari anak kemenakan terhadap ninik mamaknya dan hal lain yang menjadikan rasa ba ko­rong dan ba nagari sudah mulai pudar.

“Dari kondisi yang terjadi saat ini, saya lalu membulatkan tekad ingin melakukan peru­bahan jika nantinya memang terpilih jadi Gubernur Sumbar periode mendatang melalui NasDem,” ulasnya.

Menurutnya, dengan a­danya kekuasaan yang ada d­i­tangan gubernur maka peru­bahan bisa dilakukan. Ia ber­harap dengan restorasi yang diusung Nasdem ini, nantinya bisa diterapkan di eksekutif.

Sebelumnya, ia me­ne­rang­kan kampanye meng­hidupkan kembali nilai-nilai adat dan budaya itu sudah dilakukan di sejumlah daerah di Sumbar.

“Saya sudah lakukan ge­rakan melalui sosialisasi Adat Basandi Syarak Syarak Ba­sandi Kitabullah, terhadap para ninik mamak di sejumlah kabupaten kota, salah satunya di Kabupaten Padang Paria­man,” jelasnya.

Sosialisasi yang dilakukan terhadap kaum ninik mamak itu lebih ditekankan pada aspek tiga tungku sajarangan sehingga ada optimalisasi pe­ran dari lembaga adat. Selain di Padang Pariaman, dirinya juga sosialisasi di Sijun­jung, Dharmasraya, Solok Sela­tan, dan sekarang sedang per­siapan sosialisasi pada tokoh adat Salapan Suku yang ada di Kota Padang.

Di samping sosialisasi pro­gramnya, Syamsu Rahim juga menggalang dukungan  pada alum­ni Pendidikan Guru A­gama (PGA) Gunung Pangilun Padang, dan ikatan tamatan sar­jana Gajahmada di Paya­kumbuh. Kemudian dirinya juga lakukan pendekatan  terhadap sejumlah perguruan tinggi di Sumbar, baik negeri maupun swasta.

Sementara itu, Sekretaris DPW Nasdem Sumbar, Mar­hadi Efendi menyebutkan per­sya­ratan pendaftaran bakal calon gubernur yang dise­rahkan Syamsu Rahim sudah lengkap dan benar. Dan bupati itu merupakan pendaftar per­tama untuk balon Pilgub di Partai Nasdem.

“Adapun berkas persya­ratan yang diserahkan Syamsu Rahim sudah lengkap, pas dan benar,” kata Marhadi. Wakil Ketua DPW Nas­Dem Sumbar bidang Hu­kum, Marsanova Andesra, men­gaku salut dengan sikap  Syamsu Rahim yang sudah menge­tahui makna dari peru­bahan yang diusung Partai Nasdem.

“Walau secuil disampaikan sudah ditangkap dan dipahami rupanya Nasdem dan Syamsu Rahim memang sejalan. Na­mun keputusan berada pada DPP, tapi kami berharap DPP merestui pencalonan Syamsu Rahim,” ujarnya.

Sejalan dengan dibukanya pendaftaran untuk bakal calon itu, akan membentuk tim Pil­kada daerah, untuk melihat balon telah turun ke lapangan.

Ditambahkan juga bahwa, sejak pendaftaran dibuka pada 28 Januari lalu, sudah tujuh orang  yang telah bersi­latu­rahmi ke DPW NasDem Sum­bar, tapi balon yang lang­sung membawa syarat lengkap, baru Bupati Solok Syamsu Rahim.

Kader Ikut Mendaftar

Selang beberapa jam sete­lah menerima pendaftaran Syamsu Rahim, DPW Nasdem Sumbar juga menerima pen­daftaran bakal calon gubernur dari Chairul Umaiya, yang merupakan Ketua Dewan Pa­kar DPW Nasdem Sumbar.

Masuknya Chairul U­maiya dalam bursa balon gubernur itu, menandakan baru satu kader Nasdem yang menya­takan siap maju mencalonkan diri untuk Pilgub nanti.

Misi yang dibawa Chairul Umaiya tidak lain ingin me­lakukan perubahan pada aspek pariwisata Sumbar.

“Sebab secara potensi, ha­nya pariwisata yang cukup menj­anjikan bagi Sumbar, na­mun potensi itu belum ter­garap op­timal,” jelas President Direc­tor PT Solindo Duta Con­vex terse­but. Dalam penga­ma­tan­nya, potensi wisata Sum­bar bisa ditingkatkan tidak hanya me­ngan­dalkan kunju­ngan wi­sata­wan secara umum. (h/mg-rin)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM