Menteri ESDM Didesak Mundur


Jumat, 30 Januari 2015 - 19:33:09 WIB

“Bukan terus menerus mem­­­beri kelonggaran ketika perusahaan asing enggan me­ngikuti aturan sesuai yang tercantum di UU Minerba. Menteri ESDM Sudirman Said terbukti tidak bisa me­ngurusi sektor energi di Tanah Air ini,” kata Erwin dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (30/1).

Menurutnya, sejak awal Sudirman sudah me­ngung­kapkan kekecewaannya ke­pada Freeport yang tak kun­jung memberi kepastian soal smelter, bahkan sempat me­ngancam akan mencabut izin ekspor konsentrat Freeport. Namun keadaan berubah ke­tika bos perusahaan tambang asal Amerika, James R Moffet, datang ke Indonesia dan me­nemui Sudirman.

“Seperti yang banyak di­beritakan media, mereka be­runding selama hampir de­lapan jam, yang kemudian lahir lah perpanjangan pembahasan MoU,” kata Erwin.

Dirinya juga menya­yang­kan pernyataan Dirjen Mi­nerba Kementerian ESDM, R Sukhyar, yang mengakui bah­wa PP Nomor 1 tahun 2014 dan Permen Nomor 1 2014 tidak sejalan dengan UU Mi­nerba. “Mereka mengakui bahwa PP dan Permen tidak sejalan dengan UU, tapi ke­napa masih dilanjutkan, masih dipakai juga. Kenapa takut terjadi kevakuman? itu tidak akan berdampak besar kok,” im­buhnya.

Sementara itu, Aktivis Koalisi Anti Utang (KAU) Kusfiardi menambahkan, se­bagai bentuk ketegasan maka dibutuhkan standing poin dari seorang Presiden terkait per­soalan Freeport ini.

“Seorang kepala negara (Jokowi) harus menyatakan tiga standing poinnya. Seperti, pertama, persoalan Freeport harus sejalan dengan amanat pasal 33 UUD 1945. Kedua, Pemerintah harus menyatakan bahwa siap mengambil alih Freeport dan ketiga aparat penegak hukum harus me­ngusut dan memeriksa semua pihak-pihak yang membiarkan bangsa kita dirampok. Sehin­gga sekalipun menteri dicopot, maka yang hadir kembali akan menjalankan UU dengan be­nar,” katanya. (h/trn)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM