Beringin Solok Tetapkan Desra Calon Bupati


Ahad, 01 Februari 2015 - 19:17:15 WIB
Beringin Solok Tetapkan Desra Calon Bupati

Seakan tak ingin mengulur-ulur waktu lagi, selang berapa saat usai digelarnya pleno penetapan calon Bupati Solok dari Partai Golkar itu, Desra Ediwan dengasn didampingi sejumlah pengurus DPD Partai Golkar Solok lainnya, juga langsung menyambangi Kan­tor DPD Partai Nasdem Ka­bu­paten Solok di Salayo, untuk mendaftarkan diri sebagai calon bupati.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

“Kita sangat mengapresiasi kawan-kawan di Partai Nas­dem, yang sangat terbuka dan menerima kita dengan sangat baik sebagai kandidat untuk maju dari partainya,” kata Desra Ediwan.

Terkait pendaftaran ke par­tai besutan Surya Paloh itu, Desra mengungkapkan lang­kah tersebut merupakan salah satu syarat bagi parpol untuk mengusung kandidat Bupati Solok periode 2015-2020. Karena jika mengacu kepada UU Pilkada, di Kabupaten Solok tidak satupun parpol yang bisa mengusung calon sendiri, selain harus berkoalisi dengan parpol lainnya.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Kehadiran Desra dan rom­bongan di Partai Nasdem, disambut langsung oleh Ketua DPD Partai Nasdem Kabu­paten Solok, Edyar SH, Sekre­taris Dony Zulkifli, Bendahara Anthonius dan sejumlah pe­ngurus harian lainnya. “Desra Ediwan adalah orang pertama yang mendaftar ke partai Nas­dem, sejak pendaftaran dibuka pada Rabu (28/1) lalu,” kata ketua DPD partai Nasdem Edyart.

Kendati demikian sebut Edyart, Partai Nasdem tetap akan terbuka terhadap siapa­pun yang ingin mendaftar ke partai itu. Pendaftaran itu sendiri akan ditutup pada tanggal 10 Februari men­da­tang, dan akan dilanjutkan dengan proses penyaringan di internal partai. “Siapapun boleh, yang penting sesuai dengan mekanisme dan per­sya­ratan yang ditentukan par­tai,” jelasnya.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

Sementara untuk kandidat di internal Nasdem sendiri, Edyar mengung­kap­kan hing­ga kini hanya ada satu kader yang digadang-gadang sebagai kandidat bakal calon kepala daerah, yakni Ir. Bachtul. “Bagaimana kolaborasinya, nanti akan kita lihat dalam beberapa waktu ke depan. Apakah akan ditetapkan men­jadi cabup atau cawabup, akan kita jalani sesuai mekanisme,” ujarnya.

Masih seputaran Pilkada Kabupaten Solok, nama se­nator muda Sumbar yang kini menjabat sebagai anggota DPD RI, Nofi Candra, juga di­gadang-gadang akan ikut me­ramai­kan bursa kandidat ca­lon bupati di Bumi Markisah itu. Kehadiran tokoh muda Solok ini, diperkirakan tak hanya sekedar menjadi parami-rami alek, justru akan menjadi lawan yang sangat diperhitungkan kandidat lainnya.

Baca Juga : BMKG: Hujan Lebat akan Mengguyur Sejumlah Wilayah Sumbar hingga Besok

Informasi yang dihimpun Haluan, putra asli Saning Ba­kar ini sudah sering terlihat turun gunung untuk menyapa masyarakat dengan meng­guna­kan kunjungan pribadi di luar kunjungan resminya se­bagai anggota DPD RI asal Sumbar. Bahkan sejumlah tokoh masya­rakat Kab. Solok, sudah mulai meminta dan mendorong Nofi Candra un­tuk ikut dalam kan­cah per­tarungan Bupati Solok men­datang.

“Kabupaten Solok men­datang butuh figur muda dan energik, serta memiliki ke­pedulian yang kuat bagi nasib petani di daerah ini. Nofi Candra merupakan salah satu kandidat yang cocok untuk memimpin Kab. Solok,” tutur Mardison Bandaro Putiah, salah seorang tokoh masya­rakat di Kec. Lembah Gu­manti ke­pada Haluan, Minggu (1/2).

Mardison bahkan telah mencoba untuk menyanding-nyandingkan sejumlah nama untuk menjadi pendamping bagi Nofi Candra jika terpilih menjadi Bupati Solok periode lima tahun mendatang. Di­an­tara sejumlah nama yang di­sebut-sebut seperti mantan anggota DPRD Sumbar Ir. Bachtul dan birokrat muda asal Nagari Lolo Kec. Pantai Cermin, Deni Prihatni, ST,MT.

“Mereka adalah para tokoh muda yang energik, dan ki­prah­nya juga tak diragukan lagi. Jika mereka bertiga di­san­ding­kan, tentu akan menjadi kekuatan baru dalam me­mim­pin Kab. Solok men­datang,” bebernya optimis.

Selain itu, beberapa parpol diperkirakan sudah siap me­ngu­sung pemilik yayasan NC Solidarity ini untuk menjadi kandidat yang akan diusung oleh partainya. Diantara Parpol itu adalah partai partai pen­dukung pemerintah yang ter­gabung dalam Koalisi Indo­nesia Hebat (KIH) seperti PDI-P, Partai Nasdem dan Partai Hanura.

Terpisah, Ketua DPD Par­tai Demokrasi Indonesia Per­juangan (PDIP) Sumbar, Alex Indra Lukman yang dihubungi Haluan via ponselnya me­ngung­­kapkan, kemungkinan PDIP untuk mengusung ko­lega­nya di Senayan itu untuk menjadi calon Bupati Solok, bukanlah hal yang tidak mung­kin. Hal tersebut, lantaran PDIP sangat terbuka terhadap kandidat yang berasal dari tokoh masyarakat di luar inter­nal partai.

“Itu sah-sah saja, karena kita cukup terbuka untuk tokoh di luar kader internal yang ingin maju dari PDIP. Yang penting sesuai dengan ke­tentuan dan mekanisme yang telah ditetapkan partai,” ung­kap anggota DPR RI ini.

Terkait adanya dukungan itu, Nofi Candra hanya me­nang­gapi diplomatis. Karena me­nurut­nya, politik itu se­jatinya harus berjalan di­namis dan dijalani mesti seperti air me­ngalir. “Kita lihat saja nanti, kalau me­mang masyarakat Kabu­paten Solok meng­hen­daki, kenapa tidak,” kata Nofi. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]