ISIS Kuasai Fasilitas Minyak Mentah di Irak


Ahad, 01 Februari 2015 - 19:27:37 WIB
ISIS Kuasai Fasilitas Minyak Mentah di Irak

"Kami menerima telepon dari salah satu pekerja yang mengatakan bahwa, puluhan pejuang ISIS mengepung fasili­tas tersebut dan meminta para pekerja untuk meninggalkan tempat itu," ujar seorang teknisi dari North Oil Co seperti dikutip kantor berita Reuters, Sabtu (31/1/2015).

Baca Juga : Mudik Dilarang, Sejumlah Pool Bus AKAP di Kota Padang Tak Beroperasi Mulai Hari Ini

Kelompok radikal ISIS telah merebut setidaknya em­pat ladang minyak kecil ketika mereka menguasai sejumlah wilayah di Irak utara pada tahun lalu. Kelompok itu pun telah mulai menjual minyak mentah dan gas untuk mem­biayai operasi-operasi mereka.

Sebelumnya pada Jumat, 30 Januari, para jihadis ISIS menyerang pasukan Kurdi di sebelah barat daya Kirkuk, dan menduduki sejumlah daerah termasuk sebagian ladang mi­nyak Khabbaz.

Baca Juga : Saat Ini Momentum Tepat Membeli Emas, Simak Penjelasan Pakar

Menurut sumber militer Kursi, pasukan Kurdi hari ini mencoba memukul mundur para militan ISIS dalam per­tempuran yang terjadi di dekat Khabbaz.  Khabbaz merupakan la­dang minyak kecil yang terletak sekitar 20 kilometer sebelah barat daya kota Kirkuk, dengan kapasitas produksi maksimum 15 ribu barel per hari. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]