Kementerian Desa Akan Bentuk 40 Ribu BUMDes


Ahad, 01 Februari 2015 - 19:29:19 WIB
Kementerian Desa Akan Bentuk 40 Ribu BUMDes

“BUMDes adalah solusi paling benar untuk mengelola seluruh transaksi ekonomi desa baik internal ataupun eks­ternal,” kata Marwan, da­lam konferensi pers di kantor­nya, Jakarta, Minggu (1/2/2015).

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Tahun ini, kata Marwan, pemerintah akan meng­alo­kasikan Rp20 triliun, naik Rp11,9 triliun dari alokasi sebelumnya Rp 9,1 triliun. Menurutnya, sekitar 74 ribu desa akan mendapat alokasi antara Rp200 juta sampai dengan Rp300 juta sesuai kondisi geografis, demografis, dan sosial ekonomi desa ter­sebut. “Selain dana desa dari pu­sat (APBN), desa juga men­dapatkan alokasi dana desa (ADD) dari kabupaten,” jelasnya.

Karena itu, Menteri Mar­wan mendorong agar dana desa diprioritaskan untuk pem­­bentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), se­dang­kan desa-desa yang telah memiliki BUMDes agar dana desa dijadikan tambahan mo­dal kerja.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Selain desa tertinggal yang jumlahnya sekitar 33 ribu, ada 40 ribu desa yang harus dido­rong membentuk atau me­ngembangkan BUMDes de­ngan menggunakan dana desa. “Saya ingin 20 sampai 40 ribu BUMDes terbentuk tahun ini,” ujarnya

Menteri menjelaskan, sis­tem perekonomian desa perlu digerakkan dengan prinsip pengelolaan bisnis secara pro­fesional dengan menekankan pada pemerataan kemakmuran warga desa dengan seimbang.

“Desa memerlukan kebe­radaan organisasi yang menga­tur keseluruhan transaksi se­hingga semua resources yang ada dapat dimanfaatkan secara tepat untuk menghasilkan pen­dapatan yang besar dan keman­faatan bagi warga desa,” ujar­nya.

BUMDes ini diharapkan Marwan bisa dikelola dengan sistem manajemen modern berbasis IT Platform yang mempermudah bagi desa un­tuk untuk melakukan pen­dataan terhadap semua potensi bisnis, baik potensi pasar inter­nal desa ataupun potensi pasar luar desa.

“Termasuk mengatur se­mua transaksi, keanggotaan, logistik, store, delivery, dan interkoneksi dengan pasar virtual yang berskala nasional bahkan internasional. Dengan demikian, BUMDes berperan penting dalam memasarkan produk-produk pertanian, peri­kanan, ataupun produk indus­tri rumahan untuk pasar lokal desa dan pasar luar desa yang lebih luas,” katanya.  (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]