Dihoyak Berbagai Isu, Kadiskop Sumbar Diganti


Ahad, 01 Februari 2015 - 19:42:00 WIB
Dihoyak Berbagai Isu, Kadiskop Sumbar Diganti

“Alasan mutasi pada dua instansi ini, kalau untuk Kepala Dinas Koperasi dan UMKM lebih kepada evaluasi kinerja selama ini. Se­mentara untuk jabatan Sekwan karena selama ini hanya dijabat Plt. Mutasi eselon II kita nilai dari kinerja, kalau kinerjanya tidak baik siap-siap dimutasi,” kata Sekda Ali Asmar, Minggu (1/2) melalui sam­bungan telepon.

Dalam waktu dekat kata Sekda, Tim Panitia Seleksi (Pansel) yang SK-nya telah dikeluarkan Gubernur Sumbar, akan mulai bekerja menye­leksi siapa saja calon yang layak menempati jabatan tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah dite­tap­kan. Pemprov juga sudah me­miliki lima Panitia Seleksi (Pansel). Personel Pansel itu lebih banyak dari luar Pemprov Sumbar, sedangkan yang berasal dari internal pemprov adalah Sekdaprov Sumbar yang juga sebagai Ketua Tim Pansel dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar sebagai sekretaris yang juga merangkap sebagai anggota.

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

Tiga nama dari luar Pemprov Sumbar adalah Dosen Universitas Negeri Padang (UNP), Supriana dan Dosen Unand Damsar. Sedangkan satu lagi, Asnul, pamong senior yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kepala BKD Pasaman Barat, Badan Diklat Sumbar serta Asisten I Pemprov Sumbar.

Calon yang yang sudah dipas­tikan lulus akan diminta mela­porkan harta kekayaan termasuk aset yang dimiliki saat ini kepada Komisi Pem­beran­tasan Korupsi (KPK). Hal tersebut sesuai dengan imbauan pemerintah pusat, berkenaan dengan promosi, mutasi pejabat eselon II harus mela­porkan harta keka­yaannya.

Laporan Harta Kekayaan (LHK) tersebut berlaku untuk seluruh pejabat eselon II pemprov dan kabupaten/kota yang lulus seleksi. Apalagi sekarang sistem promosi dan mutasi sudah diatur Komisi Aparatur Negara (KAN). “Setiap yang akan mengisi jabatan eselon II di provinsi atau kabupaten/kota, harus berkoordinasi dulu dengan KAN di Jakarta, termasuk mela­porkan LHK,” tutur Ali Asmar.

Dihubungi terpisah, Kepala BKD Sumbar, Jayadisman, mem­benarkan rencana mutasi tersebut dalam waktu dekat. Ia mengatakan ada dua pejabat eselon II yang akan dimutasi yakni Plt Sekwan DPRD Sumbar Delvy dan Kadis Koperasi dan UMKM Sumbar Achmad Cha­risma. “Lelang jabatan tersebut sudah kami umumkan di situs Pemprov Sumbar dan BKD Sum­bar,” katanya.

Achmad Charisma ketika dikon­firmasi tadi malam melalui sam­bungan telepon dan pesan singkat, sehubungan dengan agenda Pemprov Sumbar mengganti dirinya, tidak merespon.   (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]