Segera Dihelat Pameran Terbesar Batu Akik


Senin, 02 Februari 2015 - 18:34:03 WIB
Segera Dihelat Pameran Terbesar  Batu Akik

Rapat perdana pembentu­kan Asosiasi yang berlangsung di Aula Kantor Camat Suliki itu berlangsung hangat, Jumat (30/1). Terpilih sebagai Ketua Khairul Hapid, Sekretaris Dodianto dan bendahara Zul­hasdi, kepengurusan itu dileng­­kapi dengan beberapa bidang yang membawahi 200 anggota pada tiga kecamatan itu.

Baca Juga : BBPOM: Laporkan Jika Menemukan Permasalahan Obat dan Makanan 

Menurut Ketua Asosiasi Batu Akik Lumuik Suliki Khairul Hapid, yang dihu­bungi di Suliki, Senin kemarin menuturkan, asosiasi ini akan membantu pengrajin untuk meningkatkan kualitas batu akik, sehingga punya nilai jual tinggi. Produksi bukan hanya sekedar batu akik, namun seperti asbak rokok dan ber­bentuk souvenir lainnya.

Selain itu asosiasi akan menjembatani antara pemilik tanah ulayat tambang bahan batu akik dengan masyarakayt penambang serta pemkab Li­ma­puluh Kota melalui dinas terkait. Sehingga kegiatan yang dilakukan masyarakat penam­bang legal dan mampu men­cegah kerusakan lingkungan akibat galian. Kemudian me­nen­tukan layak tidak layaknya dilakukan penambangan ber­sama dinas terkait.

Baca Juga : Di Padang, BBPOM Temukan 2 Sampel Mengandung Pewarna yang Dilarang

Camat Suliki, Harman Dt Rajo Dibodi dan Camat Gu­nuang Omeh Irwandi SH, terlihat bersemangat. Para pemuda dan masyarakat serta pengrajin Lumuik Suliki pun ikut bergembira. Di rapat itu, juga diputuskan menggelar kegiatan Pameran dan Lelang Batu Lumuik Suliki pada 19-22 Februari 2015, bertempat di Pasar Suliki. Di saat Pame­ran dan Lelang Batu ini men­jadi momentum pelantikan Asosiasi Lumuik Suliki ini.

Dijelaskan Khairul Hapid, potensi Suliki dan Gunuang Omeh tidak hanya batu lumuik Suliki saja. Tiga kecamatan yang berada di kawasan Barat Kabupaten Limapuluh Kota ini memiliki banyak potensi. Mulai dari pertanian, bahan batu akik salah satunya, dengan penduduk yang giat bekerja. “Kita ingin, seluruh potensi ini terbuka luas. Sehingga masya­rakat dan investor berbagai potensi alam, wisata, batu akik, sampai ke kerajinan, ikut berinvestasi di Suliki, Gu­nuang Omeh dan Bukik Bar­isani,” ujarnya. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]