Tahun Ini, 212.407 LPG 3 Kg Siap Didistribusikan


Senin, 02 Februari 2015 - 18:42:06 WIB
Tahun Ini, 212.407 LPG 3 Kg Siap Didistribusikan

“Sumbar sendiri baru tiga wilayah yang dinyatakan su­dah closed atau dinyatakan sudah rampung dalam m­elak­sanakan konversi gas ini. Wi­la­yah tersebut yaitu Kota Padang, Kota Pariaman, dan Sawahlunto. Bagi wilayah yang dinyatakan closed ini jatah minyak tanah subsidi akan langsung ditarik,” pa­par Wardarusmen.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Sehingga kata Wardarus­man, di tiga daerah ini tidak akan didapat lagi jatah minyak tanah bersubsidi. Kalau pun mereka menginginkan mi­nyak tanah bisa membeli yang non subsidi dengan harga yang relatif mahal.

Kemudian pihak ESDM kembali melakukan pen­da­taan keluarga miskin yang belum mendapatkan jatah paket LPG 3 Kg yang datanya itu digunakan untuk penya­luran pada 2015 ini.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

“Kita prioritaskan untuk rumah tangga miskin, dan pelaku usaha kecil menengah. Gas ini tidak untuk masyrakat menengah ke atas seperti pe­milik restoran, hotel, dan rumah tangga mampu karena ini disubsidi,” tegasnya.

Dari jatah yang diberikan pemerintah pusat melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) dari 971.420 paket pada 2012 baru 447.000 paket yang telah didistribusikan pada 2013 di seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

Sedangkan yang sudah tersalur secara keseluruhan 759.013 paket, artinya masih ada kuota Sumbar sebanyak 212.407 lagi yang akan disebar.

“Derah Sijunjung yang pada 2014 tidak mendapatkan LPG 3 Kg ini tahun ini akan mulai mendapatkan distribusi LPG 3 Kg,” paparnya.

Sampai saat, ini Migas belum lagi mengirim Kartu Kendali kepada daerah yang menerima LPG 3 Kg bersub­sidi. Hal ini memungkinkan bagi oknum yang mampu memakai LPG 3 Kg bersub­sidi ini.

“Bukan hanya kita yang belum menerima Kartu Ken­dali ini, tapi, daerah lain juga belum. Saat ini kita tetap meminta Pertamina untuk tetap meningkatkan penga­wasan terhadap hal ini,” ujarnya.

Kartu Kendali ini dibarat­kan sebagai tanda pengenal bagi masyarakat yang berhak menerima subsidi LPG 3 Kg ini.  (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]