1.000 Hewan Penular Rabies Akan Diberi Vaksin


Selasa, 03 Februari 2015 - 19:05:17 WIB
1.000 Hewan Penular Rabies Akan Diberi Vaksin

“Begitupun sosialisasi ba­haya rabies. Kalau tahun 2014 kita hanya fokus kepada anak-anak sekolah, sebatas SD, kini diupayakan ke dinas-dinas dan instansi. Jadi sosialisasi anti rabies kita perluas skopnya, untuk semua lini,” kata Anang.

Baca Juga : Dengarkan Aspirasi Masyarakat Kudu Gantiang Barat Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Ancaman Hama Harus Dicarikan Jalan Keluarnya

Kasus gigitan HPR di Kota Pariaman tahun 2014 masih cukup tinggi. Berdasarkan data UPTD Pusat Kesehatan He­wan dan Pos Inseminasi Bua­tan (IB) terjadi 117 kasus gigitan hewan. Dan dari jumlah tersebut 4 kasus positif ter­jangkit virus rabies, sisanya bebas virus rabies.

Rabies disebut juga penya­kit anjing gila. Rabies meru­pakan penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, atau dapat ditu­larkan dari hewan ke manusia.

Baca Juga : Pekan Pertama Jadi Bupati Pasaman, Benny Utama Kebut Pembangunan 

Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kera, kucing, dan kelalawar. “He­wan yang menularkan virus rabies hewan yang sering kon­tak lang­sung dengan ma­nusia dan ba­nyak berada di ling­kungan rumah kita. Se­waktu-waktu bisa saja virus ini menu­lar pada manusia melalui gigi­tanya,” ujarnya. Masyarakat diimbau untuk melakukan vaksin anti rabies terhadap hewan peli­haraan­nya, seperti anjing dan kucing, karena memberi vaksin antira­bies kepada hewan peli­haraan, seperti anjing kucing, termasuk salah satu tindakan yang bijak dalam memperkecil risiko rabies. (h/tri)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]