UNP Gandeng BNN dan Polda Sumbar


Selasa, 03 Februari 2015 - 19:19:27 WIB
UNP Gandeng BNN dan Polda Sumbar

Kerjasama ini diwujudkan dengan pe­nandatangan nota kesepahaman (MoU) anatar UNP, BNN dan Polda yang ber­langsung di Gedung Serba Guna, Fakultas Teknik (FT), UNP Selasa (3/2) kemarin.

Baca Juga : Nomenklatur Baru, Hendri Septa Kukuhkan dan Lantik 180 Pejabat Eselon II, III dan IV

Rektor UNP, Phil Yanuar Kiram kepada Haluan mengatakan, ini adalah langkah UNP dalam menekan angka peredaran narkoba di lingkungan kampus. Langkah ini untuk mewujudkan mahsiswa UNP yang bersih dari narkoba.

“Sejauh ini, alhamdulilah, mahasiswa kita (UNP, red) tidak ada yang terlibat narkoba. Meski pun begitu kita akan tetap menjaga kampus ini dari narkoba. Kalau ada ma­hasiswa UNP yang terlibat saya minta kepolisian dan BNN tindak tegas saja,” tegasnya saat dijumpai usai acara Selasa (3/2).

Baca Juga : Maksimalkan Hasil Panen, Pemko Padang Serahkan 11 Unit Mesin Perontok Padi dari Kementan

Ditambahkannya, kerjasama ini nantinya tidak akan berakhir hanya pada sebatas nota kesepahaman, akan tetapi UNP akan mem­bentuk sebuah asosiasi civitas akademika yang natinya bertuga mensosialisasikan dan sebagai pengawas peredaran narkoba di kampus.

“Untuk narkoba kita tidak main-main, kita UNP sangat mendukung pemberangusan narkoba ini. Seperti halnya eksekusi mati pagi pengedar narkoba, itu merupakan langkah bagus,” ujarnya.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

Ditemui terpisah Kapolda Sumbar Bam­bang Sri Herwanto mengatakan, kerjasama antar tiga instansi ini diharapkan akan menghasilkan sebuah langkah jitu untuk menekan angka penyalah gunaan narkoba baik di lingkungan masyarakat dan kampus.

“Mahasiswa UNP yang terdiri dari 31 ribu lebih merupakan calon pemimpin di masa depan. Jadi, kita wajib menyelamatkan generasi penerus ini dari bahaya narkoba. Karena secara statistik Sumbar sudah darurat narkoba,” terangnya.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Ia melanjutkan, ke depan kepolisian bersama UNP sewaktu-waktu akan me­lakukan inspeksi mendadak ke kampus sebagai langkah menekan peredaran narkoba di kampus.

“Kita akan susun bagaimana langkah selanjutnya dengan UNP terkait pencegahan kriminalitas dan menekan peredaran narkoba di kampus,” tutur Bambang Sri Herwanto.

Setali tiga uang, Kepala BNN Sumbar, Kombespol Arnowo juga mengamini langkah ini dalam mewujudkan generasi muda yang bersih dari bahaya laten narkoba.

“UNP adalah pencetak pendidik, jadi dengan MoU dengan UNP merupakan langkah tepat. Karena melalui calon pendidik ini kita akan langsung bisa mensosialisasikan bagaimana bahaya narkoba,” tukas Arnowo.

Pemimpin Umum Surat Kabar Kampus Ganto, Meri Susanti perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UNP mengatakan, ke depan UNP akan terhindar dengan bahaya narkoba.  Ia berharap kerjsama ini memang akan menghasilkan suatu langkah tepat dalam melindungi UNP dari bahaya narkoba dan kriminalitas di kampus. “Semoga tidak hanya sebatas MoU, kami berharap ada langkah konkrit ke depan,” pungkasnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]