Bupati dan Muspida Tanam Perdana Padi di Pagaruyuang


Rabu, 04 Februari 2015 - 18:54:12 WIB
Bupati dan Muspida Tanam Perdana Padi di Pagaruyuang

“Kita bertekad mendukung program pemerintah pada sektor ketahanan pangan me­nuju swasembada beras dalam kurun waktu selama tiga tahun ke depan,” tutur Bupati M Shadiq Pasadigoe.

Baca Juga : Sumbar akan Aktifkan Kembali Tempat Karantina Pasien Covid-19

Turun ke sawah melakukan penanaman perdana tersebut merupakan motivasi dari pe­merintah daerah Kabupaten Tanah Datar dalam memacu semangat para petani untuk selalu mampu memacu tingkat produksi gabah yang ber­kua­litas.

Pada  kesempatan tersebut bupati menyatakan, sejalan dengan teknologi pertanian yang maju dan modern ten­tunya petani akan selalu meng­utamakan keselarasan dan keseimbangan alam dengan meminimalisir penggunaan produk-produk kimia tetapi dapat mencapai hasil produksi yang maksimal tanpa merusak dan mempengaruhi siklus alam dan kesuburan tanah.

Baca Juga : Gelar Apel Siaga Lebaran, PLN Sumbar Pastikan Keandalan Listrik pada Idul Fitri 1442 H

“Saya  memberikan apre­siasi yang tinggi kepada TNI-AD melalui Dandim 0307 Tanah Datar yang telah mela­kukan terobosan baru di bi­dang pertanian, sekaligus  me­ru­pakan bukti keberpihakan TNI kepada rakyat dan itupun merupakan aksi nyata,” katanya.

Dandim 0307 Tanah Datar  Letkol  Kav Sutrisno Wibo­wo dalam sambutannya me­nga­takan berdasarkan perintah Komandan Korem 032 Wira­braja tentang jajaran TNI-AD diserukan untuk ikut berperan aktif dalam memprakarsai dan mendukung program ketaha­nan pangan secara  nasional yang dimulai dari ketahanan pangan masyarakat di tingkat petani.

“Untuk uji coba diperguna­kan lahan milik Keltan Sawah Tabek seluas 1 Ha di bawah bimbingan Serka Rusiadi Ba­binsa Kodim 0307 Tanah Da­tar ini nantinya akan dijadikan sebagai lahan percontohan oleh Kodim 0307 Tanah Datar dalam penerapan penggunaan pupuk cair Rotan untuk tana­man padi sabatang,” tutur  Letkol  Kav Sutrisno Wibowo.

Selain budidaya padi di demplot secara organik juga dibutuhkan perbaikan irigasi di mana pada tahun 2015 ini Kabupaten Tanah Datar mela­kukan perbaikan irigasi seluas 2000 Ha dan itupun telah diawali  Kodim 0307 Tanah Datar bersama anggota keltan Pulau Bandaro Gudam Nagari Pagaruyung.

Sementara itu, hasil ubinan (perhitungan produksi), tana­man padi yang memakai pu­puk organik ini berhasil mem­berikan panen gabah kering panen sebanyak 4,3 ton per hektare.

Dari sisi harga, beras or­ganik relatif mahal atau setara dua kali lipat dengan beras nonorganik. Kalau beras non organik laku Rp 6 ribu, maka beras organik harganya Rp 12 ribu per kilogram.

Hadir pada acara tersebut Komandan Korem 032 Wira­braja, Kapolres Tanah Datar AKBP Nina Febri Linda dan Kapolresta Padang Panjang, Kepala Kejaksaan Negeri Batu­­sangkar, pimpinan SKPD terkait, jajaran Kodim 0307 Tanah Datar dan masyarakat setempat.(h/emz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]