2015, Sudah Lima Kasus DBD di Sijunjung


Rabu, 04 Februari 2015 - 18:57:36 WIB
2015, Sudah Lima Kasus DBD di Sijunjung

“Cara efektif mencegah penyakit DBD adalah pemberantasan sarang nyamuk sekaligus me­lakukan gerakan menguras, mengubur dan menutup tempat penampungan air, serta pola hidup bersih dan sehat,” ungkap Edwin.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Menurutnya, guna mengantisipasi wabah DBD, pihaknya telah mengerahkan petugas kesehatan dengan dibantu Satuan Karya Pramuka (SAKA) Bhakti Husada ke sejumlah lokasi dan rumah warga yang dianggap rawan berjangkitnya penyakit deman berdarah. Selain melakukan pemantauan, petugas juga dituntut untuk me­ningkatkan pencegahan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi termasuk kesiapsiagaan di rumah, puskesmas dan pusat kesehatan.

“DBD tidak akan memandang siapapun untuk dijangkiti. Rasa peduli masyarakat terhadap kebersihan lingkungan merupakan salah satu penangkal berkembangnya nyamuk yang me­nyebabkan timbulnya penyakit DBD, sebab demam berdarah tak mengenal musim, banyak tempat yang memungkinkan nyamuk ber­kembang biak,” ujarnya.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Edwin juga menjelaskan, untuk kasus DBD tidak hanya lingkungan kotor saja yang bisa mengembangbiakkan nyamuk pembawa DBD. Namun lingkungan yang bersih juga bisa menjadi tempat berkembangnya virus dengue ini. Bahkan setetes air bersih juga mampu menghidupkan larva nyamuk penyebab DBD.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung men­catat, selama tahun 2015 ini, beberapa kasus DBD yang terjadi. Di Kecamatan Tanjung Gadang, terdapat lima kasus BDB. Sehingga Kecamatan Tanjung Gadang menjadi prioritas Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi pe­nyebaran DBD.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

“Saat ini, lebih kurang 5 kasus DBD telah terdata di Dinas Kesehatan Kabupaten Sijun­jung, semua itu  terdapat di Kecamatan Tanjung Gadang, dan data terbaru saat ini, Salah satu pasien DBD di RSUD Sijunjung merupakan anggota DPRD Sijunjung,” sebut Edwin ke­marin (4/2).

Rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan, disebutkan Edwin adalah salah satu cara yang amat efektif untuk menangkal terjangkitnya masyarakat dari virus dengue  ini. “Dengan menguras tempat-tempat air dua kali dalam satu minggu, baik tempat air di dalam rumah, maupun wadah-wadah yang bisa menggenangi air di luar rumah, serta menghindari kebiasaan meng­gantung pakaian di dalam rumah terlalu lama juga mampu menjauhkan rumah dari nyamuk penyebab DBD,” ujarnya. (h/ogi)

Baca Juga : Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]