Produksi Padi Digencarkan Demi Swasembada


Kamis, 05 Februari 2015 - 19:02:25 WIB
Produksi Padi Digencarkan Demi Swasembada

Untuk memacu produksi padi di Kota Solok, ada dua langkah dilaksanakan, perta­ma melalui sistim jajar legowo 4:1 dan teknologi Padi Tanam Sabatang (PTS). Khusus trek­nologi jajar legowo, sudah mulai dilaksanakan untuk Musim Tanam (MT) Januari – April dengan denplot yang tersebar di beberapa kelurahan di Kota Solok, seperti kelura­han Sinapa Piliang, IX Korong, Simpang Rumbio, Kelurahan Tanjung Paku dan Laing.

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

Penamaman sistim jajar legowo itu dibimbing langsung oleh Penyuluh Pertanian se­suai wilayah binaan yang sudah ditentukan, saat ini umur per­ta­naman padi yang sudah melak­sanakan jajar legowo 15 hari setelah tanam. Sedangkan untuk teknologi PTS sedang dilakukan Calon Petani Calon Lokasi (CPCL.

Khusus PTS itu memang harus memiliki ketersediaan air yang cukup dengan arti memiliki irigasi teknis karena air mudah dikontrol. Tekno­logi PTS katanya sudah sering dilaksanakan, namun belum 100 % petani melaksanakan. Untuk meyakinkan petani dilaksanakan melalui demplot di masing-masing kelurahan.

Baca Juga : Isi Galeri di Pekanbaru, Disperindag dan UKM Pariaman Siapkan 100 Kodi Mukena Tiap Bulan

Produksi padi di Kota So­lok baru 6-7 ton/hektar, de­ngan teknologi jajar legowo dan PTS bisa mendongkrak pro­duksi padi 1 ton / hektar, semua itu terealisasi jika peta­ni peserta PTS dan legowo mengikuti petunjuk yang dibe­ri­kan penyuluh pertanian. Jefrizal merasa optimis mela­lui 2 teknologi itu peningkatan produksi padi bisa dicapai.

Di samping memacu pro­duksi padi, sektor lain juga tidak diabaikan, seperti komo­diti jagung, kakao dan ubi kayu juga digalakkan, komoditi tersebut juga memiliki pangsa pasar yang baik, makanya sasaran penanaman komoditi itu dipeluas. (h/alf)

Baca Juga : Pemda Padang Pariaman Siapkan DAU 8% untuk Tangani Covid-19

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]