Menariknya Tawaran Kartu Kredit


Jumat, 06 Februari 2015 - 19:18:23 WIB
Menariknya Tawaran Kartu Kredit

Dari tipe pembelanjaan yang tagihannya dibayar dengan men­cicil, Anda harus membayar bunga kartu kredit yang menjadi pe­masukan mereka. Jadi karena Anda yang punya uangnya, jangan biarkan siapapun mendikte apa yang harus anda lakukan. Teru­tama dalam urusan memilih kartu kredit. Prinsip teliti se­belum membeli harus benar-benar di­terapkan.

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

Tidak semua penawaran kar­tu kredit mesti Anda sikat tanpa dipelajari terlebih dahulu. Bisa-bisa Anda terjerat pada per­soalan yang tidak pernah Anda bayang kan sebelumnya. Misal­nya Anda ter­giur pada suku bunga yang dita­warkan kartu kredit X, namun belakangan baru Anda tahu bah­wa suku bunga rendah ter­sebut cuma berlaku 3 bulan saja, selan­jut suku bunga bahkan lebih tinggi dari­pada suku bunga kartu kredit lain. Oleh karena itu, sebelum memu­tuskan kartu kre­dit mana yang akan dipilih, ada baiknya kita mempelajari serta mem­ban­ding­kan semua pena­waran kartu kredit yang ditawar­kan kepada kita.

Hal utama yang harus Anda lakukan dalam memilih kartu kredit adalah membaca dengan seksama semua hal atau perjanjian yang terletak di lembaran ap­likasi. Waspadai juga kalimat program promosi yang disertai dengan tanda bintang, sebab ke­te­rangan­nya ditulis dengan huruf yang sangat kecil dan ditaruh di akhir aplikasi bahkan nyaris tidak keli­hatan.

Baca Juga : Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

Selanjutnya, sebagai panduan Anda maka berikut ini adalah beberapa poin-poin penting yang sebaiknya dipertimbangkan da­lam memilih kartu kredit:

1. Acces/ Akses.

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

Pilihlah kartu kredit yang memiliki jaringan penerimaan dan otorisasi yang diakui seluruh dunia. Biasanya nama besar dari penerbit kartu kredit mem­per­lihatkan level bona­fiditasnya ditingkat inter­nasional.

2. Cost/ Biaya.

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Besarnya iuran tahunan dan suku bunga kartu kredit yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Kartu kredit yang menjadi mar­ket leader umumnya mene­tapkan annual fee dan suku bunga yang lebih tinggi, namun hal ini juga diimbangi dengan keleng­kapan fasilitasnya. Da­lam masa promosi, beberapa pener­bit kar­tu kredit mena­warkan gratis annual fee atau suku bunga lebih rendah selama jangka waktu tertentu. Namun tidak se­la­manya, begitu masa promo­si berakhir annual fee akan ditagih dan suku bunga mengi­kuti kon­disi pasar. Kare­na itu janagn mudah ter­giur. Yang pasti, Anda harus me­ngusa­hakan agar men­dapat yang ter­baik se­suai dengan uang yang akan dikeluarkan. Dengan de­mikian, pilihlah kartu kredit yang besarnya annual fee maupu suku bunganya sesuai dengan fasilitas yang akan Anda da­patkan.

3. Service/ layanan.

Kemudahan pelayanan. Pilih­­­lah bank yang bisa mem­berikan pelayanan secara leng­­kap me­liputi layanan infor­masi, pe­ngaduan, penye­lesaian masa­lah dan kemu­dahan pem­bayaran selama 24 jam. Infor­masi dan pengaduan seperti informasi jumlah tagiahan, pem­blokiran kartu dan rincian pem­bayaran. Pelayanan penye­lesaian ma­salah seperti jika sewaktu-waktu Anda meminta kenaikan limit kredit, bisakah dilakukan lewat telpon. Kemudahan dalam pem­bayarana tagihan juga sangat penting, pilih­lah kartu kredit yang mem­beri­kan fasilitas pay­ment point, atau tempat pem­bayaran, atau cara pem­bayaran yang mudah dan dapat diakses dengan cepat, kapan saja diaman saja. Misalnya lewat ATM, in­ternet, atau lewat handphone.

4. Security/keama­nan.

Fasilitas keamanan dari risiko kejahatan kartu kredit dan risiko keuangan lainya. Pilihlah kartu kre­dit yang memiliki fa­silitas photocard (foto diri) dan digital signature (tanda tangan yang di­cetak pada kartu). Adanya kedua fasi­litas ini paling tidak akan meminimalisasi tindakan kejahatan pada kartu kre dit Anda. Pilihlah juga kartu kredit yang dileng­kapi de­ngan berbagai fasi­litas asu­ransi per­jalanan, asuransi ke­tidak­­nya­ma­nan per­ja­la­nan, asu­ran­si pem­belian ba­rang dan cre­dit shield, tu­juannya adalah agar An­da bisa me­lakukan an­tisipasi ter­ha­dap ber­bagai risiko ke­uanagn yang tim­bul se­lama pemakaian kar­­tu kre­dit. (h/mkr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 10:51:29 WIB

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih Akhir pekan selain diisi dengan jalan-jalan, juga sangat pas diisi dengan berdiam di rumah bersama keluarga.Tentu saja ditemani dengan camilan dan secangkir teh. Dan ide camilan untuk hari ini adalah muffin keju..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:43:50 WIB

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman Kopi sering dijauhi oleh penderita penyakit asam lambung, karena dalam kandungan kopi ada kafein dan klorogenat. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:19:03 WIB

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat Institute of Corporate Reputation merilis peringkat grup band idola K-Pop berdasarkan "brand value" di awal Januari 2021. Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu (23/1/2021), survei dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 23 Jan.
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 11:27:51 WIB

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya Dalam Islam hukum asal jual beli itu halal dan boleh. Namun, ada jual beli yang diatur objeknya, tidak bebas diperjualbelikan. .
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 06:21:52 WIB

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya Apa minuman yang paling populer di dunia? Tentu saja kopi. Minum kopi dapat menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi 'ritual' banyak orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]