Pemerintah Agam Dorong Industri Batu Akik


Jumat, 06 Februari 2015 - 19:30:33 WIB
Pemerintah Agam Dorong Industri Batu Akik

Sebagai contoh dalam berbagai acara non formal dengan masyarakat, tidak ada salahnya pimpinan dan aparat menggunakan kuliner lokal seperti goreng tongkang dari ubi sebagai makanan ringan. kemudian menjadi “peragawan” dengan memakai pakaian semacam baju taluak balango hasil jahitan masyarakat sendiri dan cincin batu akik yang sedang booming.

Indra Catri sendiri katanya, sengaja menggunakan batu akik dalam video clip lagu Tasarah Mamak melalui album duetnya dengan penyanyi ibu kota Chikita Meydi sebagai promosi.

“Batu akik nampaknya sepele tapi menggairahkan industri kerajinan dan kreatif, seperti yang digeluti tukang asah batu dan kerajinan pembuat ikat batu cincin,” kata bupati.

Masyarakat Agam yang mayoritas bergerak di sektor pertanian juga memiliki sektor ekonomi lain terutama kuliner dan kerajinan rumah tangga, namun masih perlu peningkatkan kualitas agar mampu bersaing dengan produk dari daerah lain.

“Sekarang PNS di Agam diharuskan memakai pakaian bernuansa islami kombinasi pakaian adat untuk menggairahkan industi garmen atau konveksi yang sudah ada sejak dulu,” tutup bupati. (h/ks)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]