Memulai Bisnis Tanpa Modal


Ahad, 08 Februari 2015 - 19:23:08 WIB
Memulai Bisnis Tanpa Modal

Intinya, untuk menja­lankan bisnis itu memang perlu mengeluarkan modal walau­pun tidak besar. Untuk lebih jelasnya berikt beberapa con­toh bisnis tanpa modal besar yang bisa dikerja­kan oleh siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tam­­­­ba­han, baik secara online atau­pun offline. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang dijalankan tanpa mem­butuhkan modal materiil yang besar:

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

1. Menjadi Seorang Penulis Lepas

Profesi menjadi penulis lepas adalah salah satu contoh usaha tanpa modal besar yang bisa dikerjakan dari rumah secara online. Artikel yang bisa ditulis seputar tentang bisnis dan referensinya saya lihat dari berbagai artikel bisnis yang ada di internet ataupun buku.

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Dalam menjalankan pro­fesi ini,  hanya dibutuhkan koneksi internet dan sebuah laptop. Setiap bulannya pe­milik website itu selalu mengi­rimkan pembayaran atas tuli­san yang Anda buat, nilainya memang tidak besar tapi lu­mayan sebagai uang.

2. Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship)

Baca Juga : Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

Keuntungan menjadi seo­rang reseller, kita tidak pusing dalam membuat sebuah pro­duk yang akan kita jual. Kita hanya perlu fokus pada proses marketing dan penjualan pro­duk orang lain, tentunya kita harus memastikan bahwa pro­duk yang akan kita jual itu memang bagus.

Salah satu contoh reseller dalam bisnis offline misalnya menjual kue buatan orang lain. Untuk bisnis online tentunya kesempatan menjadi reseller atau dropship sangat banyak kita temukan. Namun untuk bisa menjalankan bisnis resel­ler dan dropship, kita harus memiliki sebuah website atau blog yang akan kita gunakan sebagai “etalase” atau tempat display barang yang kita jual tadi. Website atau blog ter­sebut bisa dibuat dengan laya­nan gratis seperti Blogger atau WordPress. Namun agar ter­lihat lebih profesional, ada baiknya kita membuat website atau blog dengan nama do­main sendiri, ini memang tidak gratis tapi modal yang dibu­tuhkan untuk membeli do­main sangat kecil dibanding dengan menyewa sebuah tem­pat untuk berjualan. Itu kem­bali pada pilihan kita sendiri.

Baca Juga : Green Lifestyle, Kunci Menjaga Ketersediaan Pangan Usai Pandemi Covid-19

3. Menjadi Seorang Blogger

Banyak blogger yang mem­punyai penghasilan rutin dari blog yang dia kelola. Bila kita punya sebuah blog atau website dengan trafik pengunjung yang tinggi maka sangat bisa dipas­tikan bahwa blog itu akan bisa memberikan penghasila rutin. Ada beberapa cara untuk men­dapatkan penghasilan dari blog dengan trafik pengunjung yang tinggi; melalui space iklan yang disewakan, melalui pro­gram PPC (google adsense), program pay per lead, dan lain-lain.

Namun perlu diketahui bahwa untuk membuat sebuah blog memiliki trafik tinggi dan disukai oleh pengunjungnya bukanlah sesuatu yang sangat mudah. Blog tersebut harus memiliki konten yang original dan disukai pengunjungnya, selain itu tampilan dan navi­gasinya juga harus user frien­dly. Dan untuk mencapai se­mua itu bukanlah sesuatu yang mudah, kita harus memiliki kemampuan khusus, baik se­bagai seorang webmaster, seo­rang penulis konten, dan seorang pebisnis online.

4. Menjadi Seorang Broker/ Agen

Jika Anda adalah seorang yang memiliki kemampuan marketing yang baik, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang broker atau agen. Contohnya adalah menjadi seorang agen penjual property. Keuntungan dari menjual pro­perty bisa dari dua pihak, yaitu dari pemilik property dan juga dari pembeli property. Pemilik property biasanya akan mem­berikan tip kepada orang yang berhasil membantunya men­jual property nya, sedangkan pembeli yang senang biasanya akan memberikan tip kepada orang yang memberikan infor­masi dan membantunya mene­mukan property yang dia cari.

5. Menyediakan Jasa

Bisnis penyedia jasa sebe­narnya bisa dikerjakan dengan tanpa modal yang besar, na­mun pada kebanyakan kasus, bisnis menyediakan jasa bia­sanya mem­­­butuhkan modal materiil yang tidak sedikit. Salah satu contoh bisnis modal kecil de­ngan menyediakan jasa pada bisnis online adalah mem­berikan jasa penulis arti­kel, menyediakan jasa SEO (search engine opti­miza­tion), dan lain-lain.

Tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal sama seka­li, lebih tepatnya jika disebut bisnis dengan modal kecil. Bila kita menggali peluang usaha di sekitar kita, sebenarnya kita bisa menemukan beberapa bisnis tanpa modal besar yang bisa kita jalankan. Dengan belajar terus-menerus dan selalu berusaha dalam meng­gali potensi bisnis di sekitar kita, pasti kita akan bisa mem­bangun sebuah bisnis yang berhasil. (h/net)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]