Dua Tahun Lagi, Padang Akan Gersang


Ahad, 08 Februari 2015 - 19:48:25 WIB
Dua Tahun Lagi, Padang Akan Gersang

Lebih dalam, Wahyu me­lihat, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pa­dang kekurangan mobil yang digunakan untuk memotong dahan dan membersihkan be­na­lu pada pohon pelindung. Oleh karena itu, ia menya­rankan kepada Pemko Padang untuk menambah anggaran DKP untuk menambah jum­lah mobil tersebut dan me­nambah petugas untuk me­la­­kukan tugas tersebut.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

“DPRD Padang siap men­du­kung Pemko Padang terkait penambahan dana untuk DKP itu,” sebut Wahyu.

Jika benalu tidak diber­sihkan dari pohon pelin­dung, kata Wahyu, maka akan mem­percepat proses pela­pukan pohon, yang juga akan menim­bulkan ancaman kese­lamatan bagi masyarakat yang melintas di bawah pohon pelindung.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Syafrizal Mak Etek, warga Jati mengungkapkan, mobil­nya pernah ditimpa da­han pohon yang lapuk se­hing­ga menyebabkan keru­sakan di beberapa bagian mobil. “Ka­lau sudah begini, kepada siapa saya akan mengadu. Sementara tugas memelihara pohon pe­lin­dung adalah tugas Pemko Padang,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Di­nas DKP Padang, Afrizal Khai­­­dir mengatakan, pera­watan pohon pelindung yang didalamnya termasuk kegiatan membersihkan benalu dan memangkas dahan pohon, su­dah dilakukannya sejak Juli 2014, saat dirinya pertama kali dilantik menjadi Kepala Dinas DKP.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Namun, katanya, perawat­an itu tidak bisa cepat selesai di­la­ku­kan, karena mobil tang­ga yang digunakan petugas hanya 1 dan petugas yang be­ke­r­ja melakukan perawatan pohon hanya 8 orang.

“Dalam sehari, hanya 5 pohon yang bisa dibersihkan oleh petugas. Sementara jum­lah pohon pelindung di Kota Padang sekitar 8.000 batang. Oleh karena itu, saya tidak tahu kapan semua pohon di Kota Padang ini selesai diber­sihkan dari benalu kare­na keterbatasan petugas dan mo­bil tangga, se­mentara jum­lah pohon sa­ngat banyak,” ung­kapnya.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Ia menuturkan, tahun ini, pihaknya akan membeli 1 mobil tangga tersebut, agar kegiatan perawatan pohon pelindung, bisa cepat selesai dilakukan.

Menurutnya, DKP Kota Padang perlu penambahan dana untuk kegiatan perawatan pohon pelindung, mulai dari pembelian mobil, alat pang­kas, dan biaya operasional petugas. (h/dib)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]