Oktober, Jembatan Batu Rijal Harus Tuntas


Ahad, 08 Februari 2015 - 19:48:58 WIB
Oktober, Jembatan Batu Rijal Harus Tuntas

“Pembangunan Jem­­ba­tan Batu Rijal terken­dala cuaca,” ujar  Peja­bat Pelak­sana Teknis Kegiatan (PPTK) Jembatan Batu Ri­jal,  Jasmal usai meng­iringi rom­bongan Komi­si IV DPRD Sumbar yang menin­jau lokasi pem­bangun­an Jem­­ba­tan Ba­tu Rijal, Jumat (6/2).

Dikatakan Jasmal, saat ini pembangunan sudah seki­tar 83 persen. Kendala yang meng­ham­bat kelancaran pem­­­ba­ngunan jembatan ini dian­taranya adalah, faktor arus sungai yang cukup deras, membuat palang penyangga jembatan sering berpindah tempat. Selain itu, air sungai yang kerap meluap karena debit hujan yang tinggi, juga menjadi penghambat peker­jaan.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin menga­takan, dari tinjauan Komisi IV hari itu diketahui pemba­ngunan jembatan me­mang terkendala oleh kondisi alam dan faktor cuaca.

“Namun, mengingat pen­tingnya keberadaan jem­ba­tan ini untuk masya­rakat, kita berharap pekerjaannya dapat segera terselesaikan. Seka­rang kontrak telah di­per­panjang, kita dorong pem­bangunan bisa selesai selambat-lambatnya Okto­ber 2015 mendatang, “ papar Saidal.

Untuk mendukung kelan­caran pembangunannya, tahun ini dianggarkan dana Rp4,6 miliar melalui APBD Sumbar. Anggaran akan di­tam­bah pada APBD peru­bahan sebesar Rp3 miliar. Untuk pembangunan Jem­batan Batu Rijal dibu­tuhkan anggaran Rp40 miliar.

Dikatakannya, sejak pem­ba­ngunan dimulai tahun 2012 hingga 2014 lalu, dana yang tersedot untuk pembangun­annya sekitar Rp20 miliar.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan, hal utama yang mendasari pembangunan jem­batan itu adalah untuk meng­antisipasi kurang opti­malnya Jembatan Sungai Da­reh yang juga berada di Dhar­masraya.

“Karena dimakan usia, di­perkirakan 5-10 tahun ke de­pan, Jembatan Sungai Dareh tak bisa maksimal lagi,” tu­turnya.

Sebab itu, sebut Saidal, agar kelancaran pengiriman barang dan jasa melewati jalan lintas Sumatera di Dharmasraya ti­dak terganggu, provinsi me­nyokong pembangunan Jem­batan Batu Rijal pada tahun jamak 2012-2014.

Sementara itu, Bupati Dhar­­­­­­mas­­raya, Adi Gunawan mengatakan, masyarakat se­tem­pat sangat berharap Jem­batan Batu Rijal bisa sege­ra digunakan. Jembatan itu akan menjadi akses untuk mem­bawa hasil kebun keluar dari daerah masing-masing. (h/mg-len)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]