Angka Kemiskinan Turun 1,1 Persen


Senin, 09 Februari 2015 - 19:23:46 WIB
Angka Kemiskinan Turun 1,1 Persen

Dijelaskannya, upaya ter­sebut bukannya hanya terletak pada satu SKPD saja, tetapi menyebar diberbagai SKPD, namun demikian untuk di SKPD yang dipimpinnya ada dua program yaitu bedah ru­mah dan Pamsimas.

Baca Juga : RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor

Untuk bedah rumah kata­nya, tahun 2014 lalu dana yang dikucurkan dari APBD Kabu­paten Dharmasraya sebesar Rp200 juta di Kecamatan Koto Baru, karena sistim yang dibuat untuk bedah rumah adalah per kecamatan dan langsung tuntas. Misalnya ulas Ridwan Jaya, tahun ini di satu kecamatan, untuk tahun men­datang pindah lagi ke keca­matan lainnya, hal itu dila­kukan denghan tuntas ber­dasarkan data yang masuk ke BAPPEDA.

Dari dua program yang ada di BAPPEDA, yang paling menyentuh pada masyarakat adalah program Pamsimas, karena Pamsimas yang di­tuntut adalah partisipasi ma­sya­rakat untuk suksesnya pem­bangunan air bersih.

Baca Juga : KKP RI Lepaskan Benih Lobster di Pantai Nagari Sungai Pinang

Partisipasi itu ulasnya bu­kan hanya sewaktu pem­bangu­nan proyek saja tetapi setelah proyek tuntas tetapi ketika proyek sudah di­man­faat­kan oleh masyarakat juga di­perlu­kan partisipasinya, karena program Pamsimas itu adalah dari masyarakat untuk masya­rakat, seperti biaya pe­me­liharaan mesin dan lainnya.

Tetapi kata Ridwan Jaya, bukan berarti program lain tidak bersentuhan dengan ma­sya­rakat, tetapi dengan tinggi­nya partisipasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat sudah dapat dilaksanakan.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22 %

Program lain yang cukup tinggi pengaruhnya guna me­nurunkan angka kemiskinan adalah seperti bantuan bantuan bibit seperti bantuan bibit Kelapa Sawit, bantuan bibit, bibit karet, bibit ikan, bibit sapi, serta bantuan-bantuan lainnya.

Karena katanya, bantuan bantuan bibit itu akan ber­kembang dan bukan barang mati seperti bedah rumah, tetapi bantuan bibit dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga : Angka Kesembuham Covid-19 di Sumbar Mencapai 91,89 %

Program program lainnya yang cukup cemerlang untuk pengentasan kemsikinan ada­lah forum kabupaten sehat, pembuatan jamban dan lain­nya.”Dari program program tersebut, maka keluarlah Dhar­masraya dari daerah tertinggal yang dipengaruhi oleh va­riabel-variabel tersebut,” tutup­nya. (h/mdi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]