Pemkab Bangun Rumah Gadang di Carocok


Selasa, 10 Februari 2015 - 19:08:39 WIB

Rumah gadang khas Pasisie berbentuk rumah panggung de­ngan model yang lebih se­derhana dari rumah gadang darek. Meski terjadi perbedaan bentuk rumah gadang dengan di darek, Pessel atau Pasisie tetap merupakan kawasan Mi­nangkabau.

“Bentuk fisik rumah ga­dang di kawasan Pesisir Sela­tan berbeda dengan rumah gadang di darek (darat, red). Rumah gadang disini mirip rumah panggung dengan jum­lah tiang dan sendi yang ba­nyak. Atapnya tinggi tapi tidak berupa gonjong. Se­derhana tampaknya. Meskipun demi­kian fungsinya tetap sama dengan rumah gadang di da­rek,” katanya.

Disebutkannya, rumah ga­dang asli di Pesisir Selatan kini jumlahnya terus menyusut, namun jumlah pasti tidak ada. Ia tergerus oleh zaman dan perkembangan rumah dengan arsitektur masa kini. Se­men­tara, untuk kepentingan terten­tu, model rumah gadang Pe­sisir Selatan tidak menjadi rujukan. Misalnya bangunan pemerintah, yang rata rata meniru rumah gadang di da­rek. Tidak adapula upaya konservasi rumah gadang yang dilakukan selama ini. Satu satunya yang masih dapat per­lin­dungan dan penjagaan mung­kin hanyalah rumah ga­dang Mandeh Rubiah di Silaut.

Dia menyebutkan, jika te­lah selesai diseminarkan, Pem­­­kab Pessel segera mem­bangun sebuah replika rumah gadang khas pasisie di Pantai Carocok. “Ini untuk ke­pen­tingan pengenalan Pasisie kepada pengunjung,” katanya.

Sementara Datuak Rajo Yaman Penghulu Suku Sikum­bang di Tebing Tinggi Kam­bang Lengayang menyebutkan, untuk mempertahankan ru­mah gadang bagi kaum sa­ngatlah sulit. Pertama perlu biaya besar karena bahan uta­manya adalah kayu. Kedua, seiring pertambahan pe­n­du­duk, mau tidak mau tata letak bangunan di lokasi tem­pat berdirinya rumah gadang ha­rus di ubah pula, maka ada yang diruntuhkan.

Meski demikian kon­disi­nya, esensi dan peran rumah gadang tetap akan hi­dup. “Ba­rangkali hanya itu yang bisa berta­han dan dipertahankan. Biarlah rumah gadang roboh, dan berganti dengan rumah gadang masa kini, asalkan peran dari rumah rumah baru itu tidak lari dari fungsi rumah gadang,” katanya menjelaskan. (h/har)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 15:33:13 WIB

    Pemkab Pasaman Siapkan Rp230 Juta untuk Bonus MTQ

    Pemkab Pasaman Siapkan Rp230 Juta untuk Bonus MTQ PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, menjanjikan bonus sebesar Rp230 juta bagi qori maupun qoriah yang berhasil meraih gelar juara pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Bara.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 23:25:33 WIB

    Pemkab Agam Bangun Pamsimas di 10 Kecamatan

    Pemkab Agam Bangun Pamsimas di 10 Kecamatan AGAM, HARIANHALUAN.COM— Pemerintah Kabupaten Agam pada 2019 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp4,65 miliar dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)..
  • Senin, 10 Juni 2019 - 17:09:28 WIB

    Pemkab Dharmasraya Gelar Halal Bihalal

    Pemkab Dharmasraya Gelar Halal Bihalal DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Usai libur lebaran, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar halal bihalal bersama seluruh ASN di Auditorium Dharmasraya, Senin (10/6). .
  • Senin, 27 Mei 2019 - 15:56:02 WIB

    Pemkab Limapuluh Kota Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak

    Pemkab Limapuluh Kota Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Limapuluh Kota, melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) menggelar kegiatan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak dan Pel.
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 12:02:53 WIB

    Raih WTP Empat Kali Berturut, Kinerja Pemkab Dharmasraya Rangking 1 di Sumbar

    Raih WTP Empat Kali Berturut, Kinerja Pemkab Dharmasraya Rangking 1 di Sumbar DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengadakan pertemuan dengan segenap jajaran perangkat daerah di Auditorium Dharmasraya, Senin (20/05). Pertemuan itu terkait membahas keberhasila.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM