Pemkab Bangun Rumah Gadang di Carocok


Selasa, 10 Februari 2015 - 19:08:39 WIB
Pemkab Bangun Rumah Gadang di Carocok

Rumah gadang khas Pasisie berbentuk rumah panggung de­ngan model yang lebih se­derhana dari rumah gadang darek. Meski terjadi perbedaan bentuk rumah gadang dengan di darek, Pessel atau Pasisie tetap merupakan kawasan Mi­nangkabau.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

“Bentuk fisik rumah ga­dang di kawasan Pesisir Sela­tan berbeda dengan rumah gadang di darek (darat, red). Rumah gadang disini mirip rumah panggung dengan jum­lah tiang dan sendi yang ba­nyak. Atapnya tinggi tapi tidak berupa gonjong. Se­derhana tampaknya. Meskipun demi­kian fungsinya tetap sama dengan rumah gadang di da­rek,” katanya.

Disebutkannya, rumah ga­dang asli di Pesisir Selatan kini jumlahnya terus menyusut, namun jumlah pasti tidak ada. Ia tergerus oleh zaman dan perkembangan rumah dengan arsitektur masa kini. Se­men­tara, untuk kepentingan terten­tu, model rumah gadang Pe­sisir Selatan tidak menjadi rujukan. Misalnya bangunan pemerintah, yang rata rata meniru rumah gadang di da­rek. Tidak adapula upaya konservasi rumah gadang yang dilakukan selama ini. Satu satunya yang masih dapat per­lin­dungan dan penjagaan mung­kin hanyalah rumah ga­dang Mandeh Rubiah di Silaut.

Baca Juga : Alokasi Pupuk Bersubsidi di Solsel Berkurang, Tidak Cocok dengan Target Tanam

Dia menyebutkan, jika te­lah selesai diseminarkan, Pem­­­kab Pessel segera mem­bangun sebuah replika rumah gadang khas pasisie di Pantai Carocok. “Ini untuk ke­pen­tingan pengenalan Pasisie kepada pengunjung,” katanya.

Sementara Datuak Rajo Yaman Penghulu Suku Sikum­bang di Tebing Tinggi Kam­bang Lengayang menyebutkan, untuk mempertahankan ru­mah gadang bagi kaum sa­ngatlah sulit. Pertama perlu biaya besar karena bahan uta­manya adalah kayu. Kedua, seiring pertambahan pe­n­du­duk, mau tidak mau tata letak bangunan di lokasi tem­pat berdirinya rumah gadang ha­rus di ubah pula, maka ada yang diruntuhkan.

Baca Juga : Jadi Biang Kerok Banjir, DPRD Sumbar Dorong Percepatan Normalisasi Batang Lembang

Meski demikian kon­disi­nya, esensi dan peran rumah gadang tetap akan hi­dup. “Ba­rangkali hanya itu yang bisa berta­han dan dipertahankan. Biarlah rumah gadang roboh, dan berganti dengan rumah gadang masa kini, asalkan peran dari rumah rumah baru itu tidak lari dari fungsi rumah gadang,” katanya menjelaskan. (h/har)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]