Pemkab Bangun Rumah Gadang di Carocok


Selasa, 10 Februari 2015 - 19:08:39 WIB

Rumah gadang khas Pasisie berbentuk rumah panggung de­ngan model yang lebih se­derhana dari rumah gadang darek. Meski terjadi perbedaan bentuk rumah gadang dengan di darek, Pessel atau Pasisie tetap merupakan kawasan Mi­nangkabau.

“Bentuk fisik rumah ga­dang di kawasan Pesisir Sela­tan berbeda dengan rumah gadang di darek (darat, red). Rumah gadang disini mirip rumah panggung dengan jum­lah tiang dan sendi yang ba­nyak. Atapnya tinggi tapi tidak berupa gonjong. Se­derhana tampaknya. Meskipun demi­kian fungsinya tetap sama dengan rumah gadang di da­rek,” katanya.

Disebutkannya, rumah ga­dang asli di Pesisir Selatan kini jumlahnya terus menyusut, namun jumlah pasti tidak ada. Ia tergerus oleh zaman dan perkembangan rumah dengan arsitektur masa kini. Se­men­tara, untuk kepentingan terten­tu, model rumah gadang Pe­sisir Selatan tidak menjadi rujukan. Misalnya bangunan pemerintah, yang rata rata meniru rumah gadang di da­rek. Tidak adapula upaya konservasi rumah gadang yang dilakukan selama ini. Satu satunya yang masih dapat per­lin­dungan dan penjagaan mung­kin hanyalah rumah ga­dang Mandeh Rubiah di Silaut.

Dia menyebutkan, jika te­lah selesai diseminarkan, Pem­­­kab Pessel segera mem­bangun sebuah replika rumah gadang khas pasisie di Pantai Carocok. “Ini untuk ke­pen­tingan pengenalan Pasisie kepada pengunjung,” katanya.

Sementara Datuak Rajo Yaman Penghulu Suku Sikum­bang di Tebing Tinggi Kam­bang Lengayang menyebutkan, untuk mempertahankan ru­mah gadang bagi kaum sa­ngatlah sulit. Pertama perlu biaya besar karena bahan uta­manya adalah kayu. Kedua, seiring pertambahan pe­n­du­duk, mau tidak mau tata letak bangunan di lokasi tem­pat berdirinya rumah gadang ha­rus di ubah pula, maka ada yang diruntuhkan.

Meski demikian kon­disi­nya, esensi dan peran rumah gadang tetap akan hi­dup. “Ba­rangkali hanya itu yang bisa berta­han dan dipertahankan. Biarlah rumah gadang roboh, dan berganti dengan rumah gadang masa kini, asalkan peran dari rumah rumah baru itu tidak lari dari fungsi rumah gadang,” katanya menjelaskan. (h/har)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 September 2019 - 09:49:59 WIB

    Kabut Asap Makin Pekat, Pemkab Sijunjung Liburkan Sekolah Jumat dan Sabtu

    Kabut Asap Makin Pekat, Pemkab Sijunjung Liburkan Sekolah Jumat dan Sabtu SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM-- Selama kurang lebih satu Minggu kabupaten Sijunjung terpapar kabut asap akibat karhutla di provinsi tetangga, asap bukannya berkurang malah semakin menjadi-jadi dan bertambah tebal. .
  • Rabu, 18 September 2019 - 17:32:52 WIB

    Agar Lahan Pertanian Tak Beralih Fungsi, Pemkab Pessel Akan Usulkan Ranperda

    Agar Lahan Pertanian Tak Beralih Fungsi, Pemkab Pessel Akan Usulkan Ranperda PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempertahankan ketersediaan lahan pertanian di daerah itu agar tidak beralih fungsi. Hal ini ditegaskan melalui Peraturan Daerah (Perda) yang akan diusulka.
  • Rabu, 18 September 2019 - 16:50:13 WIB

    Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Tanah Datar Galakkan Jarwo 21

    Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Tanah Datar Galakkan Jarwo 21 TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Guna meningkatkan populasi tanaman dan produksi hasil padi sawah, berbagai upaya dan teknologi terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Salah satunya pola tanam Jajar Legowo (Jar.
  • Senin, 16 September 2019 - 16:57:11 WIB

    Pemkab Tanah Datar Gelar Festival Muharram

    Pemkab Tanah Datar Gelar Festival Muharram TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Digelar berbagai lomba dalam meriahkan tahun baru Islam 1441 Hijriah dengan tajuk Festival Muharram resmi digelar yang dibuka Kadis Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kasi Kesenian Ariswandi, S.
  • Senin, 09 September 2019 - 14:32:45 WIB

    Kafilah MTQ ke-38 Sijunjung Terima Bonus dari Pemkab

    Kafilah MTQ ke-38 Sijunjung Terima Bonus dari Pemkab SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kafilah Kabupaten Sijunjung yang berhasil meraih prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-38, di Kota Solok menerima bonus dari Pemerintah Kabupaten Sijunj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM