10 Kandidat Berebut Kapal Nasdem


Selasa, 10 Februari 2015 - 19:44:43 WIB
10 Kandidat Berebut Kapal Nasdem

Nasdem, memang meru­pakan partai baru di kancah perpolitikan tanah air, tak ter­kecuali di Ranah Minang sen­diri. Namun demikian, Nasdem terbukti telah mam­pu menjadi magnet, se­ka­li­gus memberikan warna baru da­lam dinamika politik di nege­ri ini. Setidaknya, hingga saat ini Nasdem adalah satu-satu­nya partai dengan jum­lah pen­daftar terbanyak pada pen­jaringan kandidat bakal calon gubernur Sumbar untuk pil­gub men­da­tang.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Ketua Tim Pilkada Partai Nasdem Sumbar, Masranova Andesra menjawab Haluan, Selasa (10/2) mengatakan, banyaknya kandidat yang men­­­­­­daft­ar ke DPW Nasdem sebagai bakal calon Gubenur Sumbar mendatang, menun­jukan bahwa Nasdem adalah sosok partai yang ‘seksi’.

“Partai Nasdem itu ibarat joker merah, bisa dicocokkan dengan partai manapun yang memiliki kursi lebih. Seperti PAN, Demokrat, PPP, Golkar. Banyak yang bilang, Partai Nasdem adalah partai seksi, makanya banyak peminatnya. Dan kita juga meyakinkan pada mereka, bahwa visi misi kita adalah perubahan untuk Sumatera Barat,” ujarnya.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Dengan prinsip keter­ bu­kaan yang di usung Partai Nasdem, setidaknya telah mem­­­­buat par­tainya menjadi pilihan oleh para kandidat bakal calon. “Pa­rtai Nasdem memang partai baru. Namun karena ke­ter­bukaan dan tidak membeda-bedakan antara ka­der dengan non kader, mem­buat Nasdem punya daya tarik tersendiri bagi bakal calon. Apalagi di Nasdem, kita juga tidak ada memungut biaya pen­daftaran. Semua yang da­tang, kita terima dan kita perlakukan dengan baik,” katanya.

Yang terpenting jelas Mar­sanova, calon Gubernur Sum­bar yang bakal diusung dari Partai Nasdem nantinya, harus bisa membawa perubahan yang lebih baik demi kesejehteraan masyarakat. “Partai Nasdem mensyaratkan figur cagub yang diusung mampu dan paham terhadap visi dan misi partai. Para kandidat harus bersinergi dan selaras dengan visi-misi partai, terutama soal res­to­rasi,” katanya.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Seiring berakhirnya batas waktu pendaftaran bakal calon Gubernur Sumbar dari Partai Nasdem, Selasa (10/2), man­tan anggota DPR RI peri­ode 2009-2014 dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Tas­lim Chaniago, men­jadi juru kunci sebagai pendaf­tar cagub Sumbar dari partai besutan Surya Paloh itu.

“Taslim merupakan kan­didat terakhir, sekaligus men­jadi figur bakal calon gu­benur termuda yang men­daftar ke DPW Partai Nas­Dem. Kita memang meng­harapkan ada tokoh mu­da yang benar-benar mam­pu mem­bawa perubahan, sesu­ai dengan motto Nasdem,” ujar Masranova.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Serasa di Rumah Sendiri

Meskipun PAN sendiri juga telah membuka pendaftaran bakal calon Gubernur Sum­bar, namun bakal calon Guber­nur Sumbar, Taslim sendiri mengaku lebih me­milih untuk mendaftarkan dirinya pertama kali ke partai Nasdem. “Ini merupakan per­ta­ma kali saya mendaftar, dan saya pilih Partai Nasdem. Kenapa Nas­dem, karena be­ra­da di Nasdem itu serasa berada di rumah sendiri,” ungkapnya.

Taslim mengatakan, kei­ngin­annya untuk maju pada pemilihan gubernur kali ini, tak lain didasarkan atas do­rongan untuk bisa berpar­tisipasi sebagai salah seorang anak bangsa, terutama dalam memberikan kontribusi nyata membangun Sumbar. Karena berdasarkan penga­matannya selama duduk seba­gai anggota DPR RI, ma­sih banyak pro­gram peme­rintah yang ja­lan ditem­pat dan tidak ber­ke­lanjutan.

Dari data yang dihimpun Haluan di sekretariat Tim Pilkada Partai Nasdem Sum­bar sampai dengan ditu­tupnya pendaftaran pada Selasa (10/2), sedikitnya ter­catat 10 nama tokoh yang siap bertarung untuk mempe­r­ebutkan kapal Nas­dem menuju suksesi Pil­gub Sumbar. 10 nama itu dian­taranya Muslim Kasim (Wa­gub Sumbar), Syamsu Rahim (Bupati Solok) dan Chairul Umaiya (kader Nas­dem/ pe­ngu­saha).

Selanjutnya Epyardi Asda (politisi PPP/ anggota DPR RI), Fauzi Bahar (politisi PAN/ mantan Wako Padang) dan Shadiq Pasadigoe (Bupati Tanah Datar). Berikutnya juga terdapat sejumlah nama kader internal Partai Nasdem ma­sing-ma­singnya Endre Syaifoel (anggota DPR RI), Erlim Contesa dan Erizal Effendi. (h/mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]