Untuk Pembangunan Jalan Alternatif Pessel-Solok


Kamis, 12 Februari 2015 - 19:32:16 WIB
Untuk Pembangunan Jalan Alternatif Pessel-Solok

Bupati Pessel, H Nasrul Abit yang sebentar lagi akan menghabiskan masa jaba­tan­nya ternyata masih me­nyem­patkan diri mela­ku­kan kunjungan eksebisinya ber­sama Muspida plus SKPD, Camat, tokoh masyarakat dan masyarakat. Setidaknya, se­kitar 200 orang rombongan Pemkab Pessel menerabas jalan baru yang merupakan jalan provinsi dan masih terus dipacu penyelesaiannya.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah 5 Orang

M Junir (73), mantan Ke­pala Desa Muara Air, Ke­camatan Bayang Utara (Ba­yu), salah seorang tokoh ma­sya­rakat yang ikut proak­tif­me­rintis pembukaan jalan pro­vinsi ini mengatakan, terbu­kanya akses perhubung Pessel – Solok ini meru­pakan dam­baan masyarakat Pessel, teru­tama bagi masyarakat Keca­matan Bayu yang sudah lama berharap kepada peme­rintah agar pembangunan  jalan ter­sebut dapat terlaksa dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Jalan alternatif yang ber­jarak sekitar 56 km ini me­ng­hubungkan dari Painan me­nuju Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Jalan ini akan melewati delapan sungai yaitu, 2 sungai besar dan 6 sungai kecil yang perlu segera dibangunkan jembatan oleh pemerintah,” sebutnya.

Baca Juga : Kota Padang dan Tanah Datar Sumbang Pasien Positif Covid-19 Terbanyak di Sumbar

Untuk sementara ini, lan­jut­nya, masyarakat terpak­sa menyeberangi sungai dan me­ne­robos air deras hingga ke­dalaman 50 cen­timeter. Walau bahaya, namun tak sedikit masyarakat yang mencoba untuk  melewatinya.

Sesuai harapan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pessel, pembangunan jalan yang menghubungkan kedua daerah ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk mem­persingkat jarak tempuh.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.803 Kasus

Dalam kesempatan ini, Bupati Pessel, H. Nasrul Abit berharap agar Pemerintah Provinsi bisa secepatnya me­realisasikan pembangunan jalan alternatif  ini.

Pasalnya, dengan dibu­kanya jalan baru ini, selain mempersingkat jarak tempuh kedua Kabupaten, juga se­kaligus meningkatkan laju perekonomian kedua ka­bu­paten. (h/mjn/hel)

Baca Juga : Satpol PP dan Damkar Solsel Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]