Longsor Timbun Jalinsum di Silungkang


Kamis, 12 Februari 2015 - 20:01:16 WIB
Longsor Timbun Jalinsum di Silungkang

“Tidak ada pilihan, kami harus pulang malam ini, jadi harus memutar ke Batu­sang­kar,” ujar Yeni (28), salah seorang warga Kecamatan Ba­ra­ngin Kota Sawahlunto ke­pada Haluan.

Baca Juga : Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

Berbeda dengan Yeni, Das­ril Munir (60) harus rela ter­ku­rung macet. Pasalnya, Di­rek­tur BPR Syariah Gajah Tongga Silungkang itu, terku­rung di kawasan perbatasan Sawahlunto Solok.

Mau bagaimana lagi, ung­kap mantan dosen UPI YPTK Padang itu. Dirinya harus menunggu proses penanganan dari pihak penang­gulangan bencana. Sebab, terlalu jauh untuk memutar melalui Ka­bupaten Tanahdatar.Camat Silungkang, Is­mu­nan­­dar melalui telepon geng­gamnya menga­takan dalam pendataan. Dari infor­masi yang dihimpunnya, Bapak tiga anak itu mengaku ada beberapa rumah yang terkena longsor.

Baca Juga : Dishut Sumbar Targetkan ITH Sebesar 61% Tahun Ini

“Informasi yang saya terima ba­nyak rumah yang terkena longsor. Namun akses menuju kawasan terse­but belum dapat ditembus, sebab hujan masih sangat deras,” ungkapnya.

Sebuah mobil jenis pick up tertimbun lumpur tanah, yang long­sor di ruas Lintas Sumatera, kawasan Dusun Pasar Usang Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang.

Baca Juga : KPHP Dharmasraya Usulkan Perluasan Wilayah Kerja Pengelolaan Hutan Sosial

Pohon kayu dengan berbagai ukuran melintang jalan, yang mem­buat jalan macet mengular hingga beberapa kilometer dari kedua arah, baik dari arah Solok maupun dari Sawahlunto.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf yang terjun langsung ke lokasi long­sor menginstruksikan pembukaan jalan sebagai prioritas. Setidaknya, sebagian ruas jalan mulai terbuka, sekitar pukul 22.30 WIB.

Baca Juga : 17 Kabupaten/Kota di Sumbar Jadi Prioritas Pemberian Vaksin Kedua

“Hingga saat ini, dari laporan yang saya terima tidak ada korban jiwa. Kita fokuskan untuk membuka jalan, sehingga dapat mengurai kemacetan yang terus memanjang di kedua arah,” ungkap Ali Yusuf kepada Haluan, di lokasi longsoran.

Sementara itu, Puskesmas Si­lung­kang terendam air yang melim­pah. Beberapa informasi yang diung­kapkan warga, beberapa rumah tertimbun longsor. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum bisa dikorfirmasi kepastian informasi tersebut.(h/rki/dil)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]