Mewaspadai Demam Berdarah


Jumat, 13 Februari 2015 - 19:34:40 WIB
Mewaspadai Demam Berdarah

 

c). Bola mata atau wajah balita kemerahan.

 

d). Pemeriksaan laboratorium menunjukkan trombosit turun (kurang dari 10.000) dan kenaikan kekentalan darah (hematokrit meningkat 20% lebih tinggi dari normal).

Penyebab: Virus dengue se­hingga disebut demam berdarah dengue (DBD). Virus ini terdiri dari empat jenis (strain), yaitu dengue tipe 1,2,3, dan 4. Virus ini dapat menginfeksi manusia lewat nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus. Nyamuk berkaki be­lang-belang putih-hitam ini mengi­git orang di siang hari.

Penanganan:

nPantau perkembangan pe­nyakit balita di rumah dan kontrol ke dokter. Pastikan anak minum banyak cairan dan dipantau suhu­nya setiap hari.

n Bawa anak kembali ke dokter setelah demam berlang­sung 3 hari dan lakukan peme­riksaan hemoglobin, trombosit dan hematokrit setiap hari beri­kut­nya yaitu selama kurang lebih 4 hari.

n Bila hasil laboraturium menunjukkan ada tanda-tanda penurunan trombosit atau pening­katan hematrokit, anak harus dirawat di rumah sakit.

Pencegahan:

1. Hindari adanya air terge­nang di rumah. Bak mandi dikuras, dan bila ada gentong berisi air sebaiknya ditutup.

2. Pelihara ikan di kolam, karena ikan memakan jentik-jentik nyamuk.

3. Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menjaga kesehatan lingkungan sekolah, termasuk jangan ada air tergenang di seko­lah. Jika perlu, melakukan tinda­kan pengasapan.

4. Menyingkirkan barang be­kas yang dapat menampung air.

5. Sebelum ke sekolah, oles­kan minyak talon atau minyak sereh ke tubuh anak saat sedang ada wabah DBD. (h/ayb)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]