Gaji tak Pernah Cukup


Ahad, 15 Februari 2015 - 18:56:53 WIB
Gaji tak Pernah Cukup

Biaya Hidup Tinggi

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

Salah satu penyebabnya mungkin karena biaya hidup di kota tempat Anda tinggal me­mang tinggi, dibandingkan kota-kota lain. Sekali lagi, ini cuma kemungkinan saja lho.

Gaji Terlalu Kecil

Baca Juga : Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

Penyebab kedua adalah gaji yang kecil. Mungkin biaya hidup di kota Anda tak terlalu tinggi, tapi berhubung gaji Anda kecil, jelas Anda merasa gaji tak cukup bukan? Memang ada yang berpendapat, berapa pun gaji Anda, asal bisa di­kelola dengan baik, pasti cu­kup. Betul. Saya setuju, karena saya sendiri juga bilang begitu. Tapi, kalau Anda merasa telah mengelolanya dengan baik, tapi kok gaji Anda tetap saja dirasa enggak pernah cukup selama berbulan-bulan, bah­kan bertahun-tahun, maka bisa jadi gaji Anda memang terlalu kecil.

Kenaikan Gaji tak Sebanding dengan Kenaikan Biaya Hidup

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

Penyebab ketiga karena kenaikan gaji Anda setiap tahun tidak seimbang dengan kenaikan Biaya Hidup. Mi­salnya, gaji di keluarga Anda Rp1 juta sebulan. Biaya hidup Anda sekeluarha juga Rp1 juta sebulan. Sementara tahun depan harga-harga naik, se­hingga biaya hidup misalnya Rp1,3 juta sebulan. Semetara gaji Anda “hanya” naik 10 persen, menjadi Rp1,1 juta. Jelas, kan, gaji Anda tidak cukup.

Uang Lebih Enak Dihabiskan daripada Ditabung

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Jujur saja, dimana-mana, yang namanya uang lebih enak untuk dihabiskan daripada ditabung. Benar kan? Con­tohnya, kalau Anda dapat uang Rp 500 rb sekarang, pasti akan lebih enak kalau Anda mem­belanjakannya daripada disim­pan. Bawa saja uang itu ke toko baju atau toko sepatu, pilih-pilih, beli deh.

Tapi, kalau ditabung, eng­gak enak rasanya. Kenapa? Karena Anda jadi enggak bisa belanja. Itulah kenapa yang namanya uang lebih enak dibe­lanjakan daripada ditabung. Nah, karena keenakan, mem­buat orang selalu meng­habis­kan uang di dompetnya.

Setiap kali Anda pegang uang, selalu habis. Akhirnya, ketika ada kebutuhan, Anda lantas berpikir: “Kok nggak cukup ya gaji saya?” Padahal, itu karena Anda sudah ter­lanjur keenakan mengha­bis­kan uang, sehingga rasanya gaji Anda seperti tidak cukup. Padahal, mungkin saja gaji Anda sebetulnya cukup, tapi Anda terlalu menghambur-hamburkannya.

Karena Keinginan Tidak Ada Batasnya

Anda tahu tidak bedanya kebutuhan dan keinginan? Kebutuhan adalah sesuatu yang Anda beli karena me­mang Anda butuhkan, entah Anda ingin atau tidak. Se­mentara keinginan, adalah sesuatu yang Anda beli, wa­laupun kadang Anda tidak selalu membutuhkannya. Me­na­riknya, kebutuhan sering­kali memiliki batas. Sementara keinginan biasanya tidak me­miliki batas.

Misalnya, setiap bulan, penghasilan keluarga Anda katakan saja Rp1 juta. Biaya hidup yang betul-betul Anda butuhkan setiap bulan rata-rata adalah Rp700 ribu (ada ba­tasnya, ingat?). Sementara, barang-barang yang Anda beli karena Anda memang me­nginginkannya, rata-rata ada­lah Rp300 ribu per bulan. Total Rp1 juta. Sesuai dengan gaji Anda. Tapi, suatu kali, bisa saja keinginan Anda me­ning­kat, dari yang biasanya Rp300 ribu per bulan, menjadi Rp500 ribu per bulan. Otomatis, penghasilan Anda jadi nggak cukup dong.  ***

 

Oleh : MUHAMMAD YUNUS

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 10:51:29 WIB

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih Akhir pekan selain diisi dengan jalan-jalan, juga sangat pas diisi dengan berdiam di rumah bersama keluarga.Tentu saja ditemani dengan camilan dan secangkir teh. Dan ide camilan untuk hari ini adalah muffin keju..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:43:50 WIB

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman Kopi sering dijauhi oleh penderita penyakit asam lambung, karena dalam kandungan kopi ada kafein dan klorogenat. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:19:03 WIB

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat Institute of Corporate Reputation merilis peringkat grup band idola K-Pop berdasarkan "brand value" di awal Januari 2021. Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu (23/1/2021), survei dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 23 Jan.
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 11:27:51 WIB

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya Dalam Islam hukum asal jual beli itu halal dan boleh. Namun, ada jual beli yang diatur objeknya, tidak bebas diperjualbelikan. .
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 06:21:52 WIB

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya Apa minuman yang paling populer di dunia? Tentu saja kopi. Minum kopi dapat menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi 'ritual' banyak orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]