Harga Sembako Stabil


Senin, 16 Februari 2015 - 19:50:22 WIB
Harga Sembako Stabil

PADANG, HALUAN — Pasokan bahan sem­bako khususnya cabai merah yang biasanya di pasok dari daerah Jawa yang saat ini sedang mengalami musibah bajir terhenti. Beruntung harga cabai merah masih stabil sampai ke Kota Padang.

Pantauan Haluan, Senin (16/2) di Pasar Raya Padang untuk harga cabai merah asal Jawa masih stabil dengan harga Rp24.000 per kg sama dengan pekan lalu. Untuk itu, para pembeli masih mengambil kesempatan mem­beli bahan pokok dengan jumlah yang relatif banyak terutama cabai merah.

Menurut pedagang sembako, Edy saat ditemui Haluan, di tempat ia berdagang bahwa harga cabai merah saat ini masih stabil. Selain cabai merah asal Jawa, disini Edy juga menye­diakan cabai merah asal Medan dengan harga eceran Rp22.000 per kg.

“Dikatakan stabil karena harganya masih di kisaran Rp22.000 per kg sampai Rp24.000 per kg. Cuma bergeser turun sedikit sekitar Rp2.000 dari satu pekan lalu. Harga tersebut juga bisa melihat kualitas barang yang dimiliki,” terangnya. Karena cuaca buruk dan banjir di daerah Jawa, Edy mengungkapkan bahwa pasokan sempat terhenti saat ini. Namun, untunglah harga tidak langsung melonjak.

Sementara itu, untuk harga cabai hijau yang juga mengalami penurunan drastis dengan harga saat ini sudah berada di kisaran Rp16.000 per kg untuk eceran dan Rp11.500 per kg untuk grosiran. Demikian juga untuk harga bawang merah kampung super kisaran harga mulai dari Rp16.000-Rp18.000 per (tergantung kualitas).

Ditambahkannya, untuk harga kentang juga ma­sih murah kisaran harga Rp7.000 per kg dan bawang putih dengan harga Rp15.000 per kg. Demikian juga dengan harga cabai rawit yang terdiri dari dua macam harga, untuk cabai rawit lo­kal kisaran harga Rp45.000 per kg dan cabai rawit Medan dan Jawa dengan harga Rp40.000 per kg.

Untuk harga apakah akan bertahan dengan harga murah ini, Edy menjawab tidak bisa memastikan apakah harga sembako akan terus merosot atau malah naik kembali. Sebabnya, disamping pasokan yang sempat terhenti, namun hasil panen yang tidak stabil tergantung dengan cuaca. “Bisa jadi tambah turun, bisa jadi juga akan naik kembali. Jadi tidak tentu,” terangnya.

Penuturan pembeli dengan harga sembako yang sedang turun saat ini, Ani (30) mengatakan akan memanfaatkan harga murah saat ini dengan memasok cabai merah dirumahnya. Ia takut jika sewaktu-waktu harga cabai akan kembali melonjak. “Mumpung murah, beli langsung sekitar dua kg sekali ke Pasar Raya Padang. Bisa di stok di dalam kulkas. Takutnya naik lagi,” ujar Ani. (h/mg-win)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]