Lantai II Blok Timur Pusat Batu Akik


Senin, 16 Februari 2015 - 19:53:26 WIB
Lantai II Blok Timur Pusat Batu Akik

Batu akik lumuik Suliki, banyak diperdagangkan di Kota Payakumbuh, batu akik tersebut sudah dikenal masya­rakat Minangkabau, sejak 1958. Kini batu lumuik Suliki dan sejumlah jenis batu asal Sumatera Barat, banyak dipro­­­duksi pengrajin di Kota Payakumbuh, yang diper­kira­kan ratusan jumlahnya. Me­reka menempati pinggir jalan protokol, sampai ke pelosok pelosok kelurahan.

Baca Juga : Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

Untuk lebih me­mu­dahkan pembinaan terhadap mereka, sebaiknya pengrajin batu akik dalam kawasan pasar Paya­kumbuh dan se­kitarnya, se­baiknya dikum­pulkan di pusat pertokoan Blok Timur pada lantai II.   Aktivitas itu selain mampu meramaikan lantai II per­tokoan Blok Ti­mur ter­sebut, juga lebih memudahkan pem­binaan terhadap me­reka.

Caranya, seluruh peng­rajin batu akik yang beroperasi dalam kota di tempatkan di lantai II tersebut. Sehingga kawasan pasar, utamanya di lantai II blok Timur itu diya­kini bakal bertambah ramai, otomatis penggemar batu akik akan mengunjungi lokasi pa­sar batu akik tersebut.

Baca Juga : Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

Untuk itu Kadis Koperasi, UKM dan Indag Paya­kum­buh, sudah ditugaskan untuk menga­tur dan mengelola ba­gai­mana mereka melakukan aktivitas dengan baik dan benar. Kalau perlu program itu direncanakan secepatnya, agar mampu direa­lisasikan, sehingga diharapkan pusat pertokoan blok Timur lantai II diramaikan pengun­jung, harapnya

Salah seorang penggemar batu akik, Edlen Syarkawi yang diminta pendapatnya Senin ke­marin, di Paya­kumbuh, me­ngatakan, peng­rajin yang berada didalam kawasan pasar Paya­kumbuh dan sekitarnya, sebaiknya dikumpulkan di pusat per­tokoan Blok Timur pada lan­tai II yang masih ba­nyak ter­lihat kosong. Oto­matis pusat per­tokoan lantai II Blok Timur itu diyakin akan ramai pengunjung.

Baca Juga : Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

Dikatakan, menurut hemat saya, cara yang seperti itu sangat strategis akan mem­bantu mera­maikan pusat pa­sar tersebut yang selama ini ko­song, sehingga dituding sebagai tempat buang air kecil dimalam hari. “Jika lokasi itu sudah ramai tak akan ada lagi warga kota buang air disem­barang tempat. Sebab di lokasi itu tentu dilengkapai dengan WC yang memadai, sehingga pasar bersih dan ramai ngu­njung,”ujarnya. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:59:58 WIB

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak Sejak menjabat sebagai Kapolsek Tilatang Kamang, Kab. Agam beberapa waktu lalu. Iptu. Rommy Hendra K. SH, MM terus berupaya menjalin tali silaturahmi dan pendekatan dengan masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:27:37 WIB

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan Plh Sekda, Muskamal meresmikan Rumah Tahfidz Qur'an Al Hajjar Kampung Koto Pulai, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Pada sambutannya, Muskamal mengatakan perlu kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam upay.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:23:50 WIB

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi Masyarakat Kampung Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengharapkan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang yang terjadi pada September 2020 lalu di kampu.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:21:49 WIB

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (23/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 131 orang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:14:05 WIB

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (22/1/2021) terdapat 128 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.195 orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]