8,29 Persen PNS Pemko Solok Sudah Berpendidikan S2


Kamis, 19 Februari 2015 - 18:40:47 WIB
8,29 Persen PNS Pemko Solok Sudah Berpendidikan S2

“Teknologi makin lama makin berkembang diiringi dengan beban kerja yang ma­kin canggih, untuk meng­ha­dapi beban kerja itu tentu harus dilakukan oleh orang-orang yang berkualitas pula, ma­kanya Pemda Kota Solok ber­ke­wajiban meningkatkan kua­litas usmber daya manusia,” katanya.

Dijelaskan, peningkatan kualitas sumber daya aparatur itu tidak hanya melalui pendi­dikan melainkan juga pela­tihan-pelatihan. Untuk sektor pendidikan, tiap tahun Pemda Kota Solok membuka peluang bagi aparatur yang hendak mengikuti pendidikan ke jen­jang lebih tinggi.

Dalam memberikan pe­luang mengikuti pendidikan dalam bentuk tugas belajar biasanya bekerjasama dengan Badan perencanaan pem­ba­ngu­nan nasional (Bap­penas). Bappenas setiap tahun me­manggil aparatur melalui Pe­me­rintah daerah (Pemda ) dengan mengeluarkan berba­gai persyaratan dan mengikuti tes tertulis untuk menentukan kelulusan.

Sejalan dengan itu, kata Jetson, Pemda Kota Solok juga menanggung biaya kuliah bagi yang ditugaskan belajar. Biaya itu meliptui penelitian, pem­buatan tesis dan wisuda. Tiap tahun BKD menganggarkan biaya untuk tugas belajar lebih kurang Rp 235 juta melalui APBD Kota Solok. Hanya saja tidak semua dana yang dialo­kasikan terpakai karena sangat tergantung jumlah pegawai yang mengikuti tugas belajar.

Di bagian lain disebutkan, Pemda Kota Solok masih membutuhkan formasi pega­wai, hanya saja jumlahnya masih dibatasi pemerintah pusat. Berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan, masih ba­nyak kekurangan pegawai teru­tama untuk staf kepala seksi. Pada umumnya kepala seksi (kasi) belum punya staf sehing­ga pekerjaan itu dirang­kap kasi. Logisnya, staf di kasi itu sudah bisa membantu atasan­nya, baik mengonsep surat dan mengetik serta memberikan masukan dan pertimbangan dalam setiap kegiatan, apalagi kasi itu merangkap Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). “Kalau kegiatan c­u­kup banyak tentu harus ada yang membantunya,” terang Jetson. (h/alf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]