Jalan Lintas Sumatera Tertimbun Material Longsor


Kamis, 19 Februari 2015 - 18:53:28 WIB
Jalan Lintas Sumatera Tertimbun Material Longsor

Longsoran material yang terjadi sejak Kamis malam, dise­babkan intensitas hujan yang mengguyur Sumbar sehari se­malam, akibatnya satu longsoran yang terdiri dari material tanah perbukitan disertai bebatuan di bukit barisan langsung me­ng­hambat perjalanan laju mobil yang bepergian dari arah arah Bukitinggi menuju Medan.

Baca Juga : Mayat Angga Korban SJ-182 Teridentifikasi, Pihak Keluarga Menunggu Kepulangan Jenazah ke Padang

Menurut salah seorang warga Munir (45) kepada Haluan me­nyebutkan, longsor terjadi pada malam hari, setelah intensitas hujan lebat mengguyur Palupuh dan sekitarnya, sehingga ke­macetan total sampai lima kilo meter membuat barisan ken­daraan terjadi antrian panjang. Akibatnya kedua belah pihak terpaksa bertahan hingga me­nung­gu datangnya alat berat untuk menggeruk material long­soran.

Kendati alat berat baru bisa datang sekitar pukul 13.00 WIB, namun sebagian besar pemuda setempat memanfaatkan situasi tersebut dengan meminta sejum­lah uang kepada setiap pe­nge­n­dara, baik kendaraan bermotor mapun kendaraan roda empat dan enam, tak tanggung-tang­gungf satu sepeda motor dike­nakan punggutan sebesar lima ribu rupiah, untuk ke­nda­raan roda dua maupun angkutan para pemuda meminta sepuluh ribu perkendaraan.

Baca Juga : Bejat! Mantan Kader PAN yang Kini Pendukung Amien Rais Diduga Perkosa Anak Kandung

Walau ada beberapa polisi yang bertugas mengatur lalu lintas di sekitar medan long­soran, namun para pemuda sedikit memaksa untuk meminta upah penggalian jalan dengan meng­gunakan alat seadanya sebelum alat berat boldoxer datang.

Kendati aksi pengutan di­sesalkan oleh sebagian besar pengguna jalan raya, namun karena saat ini sussana hari libur, dan banyak warga yang akan berlibur di Bukitinggi dan se­kitarnya, akhirnya aksi itu ter­paksa di terima.

Baca Juga : Miliki Sabu dan Ekstasi, Pedagang Kain Ditangkap Satresnarkoba Polres Sijunjung

Dari pantauan Haluan di situasi longsoran, antrian panjang telah terjadi sejak semalam, bahkan ada kendaraan yang terpaksa balik kembali dan mencari jalan pintas, seperti dari Lubuk Sikaping, ada yang meng­gunakan jalan lintas manggopoh untuk menuju Bukitinggi, karena alasan mengejar waktu, sebagian besar ada yang bertahan sambil menunggu bantuan alat berat datang. (h/tos)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]