Palembayan-Lawang Putus Total


Kamis, 19 Februari 2015 - 18:54:03 WIB
Palembayan-Lawang Putus Total

Dalam kondisi sekarang masyarakat Palembayan yang hendak ke Bukittinggi atau ke Pasar Lawang untuk menjual hasil tani harus membelok ke Lubuk Basung, terus ke Maninjau dan Matur, melalui jalur panjang dan memerlukan ongkos mahal.

Baca Juga : Gawat! Pasutri di Bukittinggi Berkolaborasi Perkosa Wanita 26 Tahun

Sebagai solusi darurat masyarakat setempat menyarankan untuk memperlebar badan jalan ke jalan tebing di pinggirnya.

Menurut wali nagari Baringin Y Dt Nan Kodoh, badan jalan tersebut sepanjang lebih kurang 20 meter mulai retak dua bulan lalu dan terus mengalami penurunan, namun setelah diguyur hujan lebat Rabu(18/2) kondisinya bertambah parah, merengkah, tidak dapat lagi dilewati kendaraan roda empat, hanya dapat dilewati roda dua melalui pinggir jalan yang tersisa sekitar setengah meter.

Baca Juga : Banjir dan Longsor di Manado, 3 Warga Dilaporkan Meninggal

Camat Palembayan Aryati melakukan peninjauan ke lokasi beberapa jam setalah kondisi amblas membesar dan menyatakan telah mengkonsultasikanya dengan pihak terkait di Lubuk Basung.

Selain di Tanah Taban, di Bateh Aka jorong Palembayan Tangah nagari Ampek Koto sebuah jembatan bolong, baru ditangani masyarakat secara darurat dengan memasang batang kelapa, kalau kerusakan jembatan ini bertambah parah, tidak dapat dilewati kendaraan, masyarakat Palembayan akan terkepung total karena jembatan ini berada pada jalur jalan menuju Lubuk Basung.

Baca Juga : Ngeri! Pria Ini Lakukan Aksi Bakar Diri

Begitupun jalan alternatif lain lewat Simpang Patai kondisinya lebih parah, sopir angkutan umum tidak berani melewatinya. “Kalau jalan di Tanah Taban Putus dan jembatan di Bateh Aka juga terputus kemana kami akan lewat untuk pergi ke Bukittinggi, lewat jalan Simpang Patai juga susah karena kondisi jalannya lebih parah, Palembayan akan terkepung total” kata Febri, salah seorang sopir kendaraan angkutan umum saat terjebak di Tanah Taban. (h/ks)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]