Kementerian Perdagangan Tak Akan Impor Beras


Jumat, 20 Februari 2015 - 19:29:26 WIB
Kementerian Perdagangan Tak Akan Impor Beras

Rachmat me­nga­takan langkah untuk tidak membuka keran impor beras tersebut karena pemerintah masih memiliki stok beras yang mencukupi di Perum Bulog, dan dalam waktu dekat memasuki masa panen raya. “Stok kita ada, panen raya juga akan dalam waktu dekat,” ujar Rachmat.

Baca Juga : 'Hilang' 3 Bulan, Jack Ma Kini Muncul Namun Disebut Mencurigakan

Ia menjelaskan saat pemerintah membuka keran impor beras maka perkirakan beras tersebut akan masuk ke Indonesia kurang lebih pada Maret 2015, atau pada saat bersamaan dengan panen raya. “Jika saya impor, pada Maret 2015 datang, barang masuk bersamaan dengan panen raya, jadi tidak bagus untuk para petani kita,” papar dia.

Ia menjelaskan, kendati harga beras mengalami kenaikan namun pemerintah enggan untuk dipermainkan dan membuka keran impor. Oleh karena itu, pihaknya akan mempergunakan cadangan yang dimiliki Bulog untuk operasi pasar melalui Satgas Bulog. “Jangan sampai dengan harga naik begini kita mau dimainkan untuk impor saja, itu tidak boleh. Mentan baru berbicara dengan saya, kita akan pakai cadangan Bulog untuk operasi pasar,” kata dia.

Baca Juga : Dilantik, Biden Janji Basmi Supremasi Kulit Putih

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Hasil Sembiring menyatakan bahwa luas panen pada Maret 2015 akan mencapai 2,4 juta hektar atau setara dengan 12 juta ton gabah kering. “Pada Maret, kita prediksi panen akan mencapai 2,4 juta hektar, atau setara dengan 12 juta ton gabah kering atau 7,1 juta ton beras,” kata Hasil.

Hasil mengatakan, pada Januari 2015 sendiri, luas panen mencapai 621 ribu hektar, atau setara dengan 3,2 juta ton gabah kering atau sebanyak 1,9 juta ton beras. Pada Februari 2015 luas panen naik menjadi 1,3 juta hektar, atau setara dengan 6,7 juta ton gabah kering atau 3,9 juta ton beras. “Untuk April 2015, luas panen sebesar 2,1 juta hektar, setara dengan 10,6 juta ton gabah kering atau 6,1 juta ton beras,” ujar Hasil. (h/inl)

Baca Juga : Fenomena Tak Biasa! Gurun Sahara Bersalju, Suhunya Sentuh -3 Derajat Celcius

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]