Jalan Terban Palembayan-Lawang Butuh Alat Berat


Jumat, 20 Februari 2015 - 19:44:17 WIB
Jalan Terban Palembayan-Lawang Butuh Alat Berat

Menurut Wali Nagari Ba­ingin Y Dt Nankodoh, Dinas Prasjal Tarkim Sumbar men­jan­jikan akan mendatangkan alat berat pada Jumat (20/2), tapi belum datang.  Sementara itu, petugas PU Agam yang melakukan peninjauan ke lo­kasi mengatakan alat berat akan sampai di Tanah Taban pada Jumat malam.

Baca Juga : Baru Sepekan, Gunung Merapi Semburkan 19 Kali Awan Panas

Penanganan jalan ini se­karang dilakukan oleh Dinas Prasjal Tarkim PU Sumbar setelah statusnya ditingkatkan dari jalan kabupaten ke jalan provinsi sejak tahun 2014 lalu.

“Kami  sangat berharap penanggulangan bencana se­gera dilakukan mengingat jalan ini merupakan urat nadi eko­nomi bagi masyarakat Palem­bayan, untuk mengangkut ha­sil tani ke pasar Lawang dan Bukittinggi,”kata Wali Nagari.

Baca Juga : Mayat Angga Korban SJ-182 Teridentifikasi, Pihak Keluarga Menunggu Kepulangan Jenazah ke Padang

Sebagai tindakan pe­nang­gulangan akan dibangun jalan baru pada tebing pinggir jalan tersebut dan masalah tanah yang digunakan telah clear. Sebelumnya, telah ada serah terima dari pemiliknya kepada pemerintah. Dalam kondisi saat ini, jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua melalui pinggir jalan yang masih tersisa sekitar satu me­ter. Bagian yang amblas terus menurun sampai dua meter lebih dari dasar semula.

Namun angkutan umum travel masih menambang de­ngan sistem bersambung dan sewa tambahan Rp 5000. Dari Palem­bayan ke Tanah Taban dipungut sewa RP 15.000, kemudian di­sambung dengan mobil lain ke Bukittinggi dengan sewa Rp 10.000. Sementara bus ukuran be­bas yang menuju Bukittinggi memutar melalui Lubuk Ba­sung-Maninjau dan Matur.

Baca Juga : Bejat! Mantan Kader PAN yang Kini Pendukung Amien Rais Diduga Perkosa Anak Kandung

“Yang menjadi masalah utama adalah untuk megang­kut barang, kalau angkutan orang masih dapat menggu­nakan kendaraaan roda dua atau dengan mobil secara ber­sambung, oleh karena itu diha­rapkan dalam beberapa hari ke depan mobil dapat kembali lewat. Untuk perbaikan, tentu kami membutuhkan alat berat, ”kata salah seorang masyarakat Palembayan Afrizal di lokasi bencana kemarin. (h/ks)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]