BKPM Targetkan Integrasi 144 PTSP Daerah


Ahad, 22 Februari 2015 - 18:37:14 WIB
BKPM Targetkan Integrasi 144 PTSP Daerah

“Kami saat ini masih dalam proses menentukan Provinsi, Kabupaten dan Kota yang akan menjadi target integrasi PTSP tahun 2015. Tapi setidaknya komposisi provinsi, kabupaten dan kota yang menjadi fokus 2015 sudah terlihat,” jelasnya.

Baca Juga : Gara-gara Pandemi, Pilot Ini Jadi Kuli Bangunan dan Pengantar Barang

Dalam menentukan daerah, BKPM akan melihat berdasar banyaknya investasi terhambat yang sedang difasilitasi oleh BKPM (debottlenecking), dan kondisi existing PTSP di daerah. Dengan demikian, dampak nyata PTSP dalam mempercepat investasi di daerah akan terlihat, ujar Franky.

Franky juga menambahkan BKPM dalam proses integrasi PTSP Pusat dan Daerah juga mempertimbangkan dua inisiatif BKPM untuk mengembangkan industri padat karya dan percepatan investasi di Papua. “Pembentukan PTSP di Papua dan integrasinya dengan PTSP Pusat merupakan bagian upaya percepatan investasi di wilayah tersebut,”tambah Franky.

Baca Juga : Presiden Meksiko Positif Terpapar Covid-19

Menurut data BKPM hingga 18 Februari 2015, untuk Provinsi Papua sudah terdapat 8  PTSP yang sudah terbentuk yaitu 1 provinsi, 1 Kota dan 6 Kabupaten. Masih terdapat 22 Kabupaten lainnya belum membentuk PTSP. Untuk Provinsi Papua Barat, baru ada 3 PTSP yang sudah terbentuk, yaitu masing-masing 1 di Provinsi, 1 Kabupaten dan 1 Kota. Masih terdapat 11 Kabupaten/Kota lainnya yang belum membentuk PTSP. Sementara itu, untuk seluruh Indonesia, masih terdapat 60 daerah yang belum membentuk PTSP, masing-masing terdiri dari 52 Kabupaten, 1 Kota, 6 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan 1 Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (KPBPB). (h/trn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]