Pembersihan Danau Maninjau Dimanunggalkan


Ahad, 22 Februari 2015 - 18:39:13 WIB
Pembersihan Danau Maninjau Dimanunggalkan

“Semua orang tahu kondisi Danau Maninjau sekarang sudah sangat mem­prihatinkan. Pencemaran luar biasa terjadi secara terus menerus. Kita yakin dengan cara menunggal pem­bersihan Danau Maninjau bisa jauh lebih mak­simal,” katanya, Minggu (22/2).

Menurut Kasman, dengan kegiatan manunggal hasil yang diperoleh akan bisa lebih terukur. Sebab, pelak­sanaannya tentu dipimpin langsung TNI. Seluruh elemen yang terkait dipastikan akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Harapan kami rencana ini bisa terwujud. Sebab, jika pembersihan secara berkelanjutan tidak dilakukan dari sekarang, kapan lagi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pembersihan bisa meliputi banyak hal, seperti penertiban keramba yang sudah tidak lagi aktif, perambahan tumbuh penganggu se­perti enceng gondok, pengerukan sisa pakan yang sudah menumpuk dengan jumlah luar biasa banyaknya.

“Kegiatan tersebut diperkirakan membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup besar. Tetapi, dampaknya akan sebanding dengan apa yang dike­luarkan. Oleh sebab itu, diperlukan perhatian banyak pihak, termasuk PT pemasok pakan ikan yang selama ini tidak pernah memberikan kontribusi. Rencana yang tidak mudah, tidak akan bisa terealisasi tanpa didukung seluruh elemen,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ke­lautan dan Perikanan, Kabupaten Agam, Ermanto mengatakan, pe­merintah sangat mendukung apabila pembersihan danau melalui ma­nung­gal. Pihaknya berharap kegiatan ter­sebut bisa terlaksana.

Menurutnya, cukup banyaknya musibah yang terjadi di Danau Ma­ninjau, seperti ikan mati, munculnya tubo balerang dan lain sebagainya, tidak lepas karena kondisi danau. Sangat diperlukan upaya kolektif dan teren­cana. Pemerintah siap men­dorong apapun bentuk kegiatan pem­bersihan kawasan Danau Manin­jau. Beberapa waktu lalu, juga sudah dilakukan pembersihan danau yang dipimpin langsung kepala daerah. (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]