Gubernur Diminta Turun Tangan


Ahad, 22 Februari 2015 - 18:39:37 WIB
Gubernur Diminta Turun Tangan

Dikatakan, berdasarkan nilai P1 yang diterima dari pemerintah pusat, awal Februari lalu, posisi Payakumbuh memberikan gambaran yang cukup mengembirakan. Hal itu sudah dilaporkan kepada Walikota Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar, jika Payakumbuh yang tertinggi nilainya di Sumatera,” sebut Syamsurial pejabat yang sudah beberapa kali mengantarkan Payakumbuh meraih Piala Adipura ini.

Baca Juga : Kondisi Dua Gazebo di Pantai Kata Kota Pariaman Memprihatinkan

Namun, katanya, dari sejumlah objek penilaian, Payakumbuh punya kelemahan pada sektor TPA. Pemko Payakumbuh tak bisa  ikut campur dalam persoalan ini. Kewenangan TPA berada pada provinsi, karena merupakan UPTD Cipta Karya Dinas PU Sumatera Barat, tambah Syamsurial lagi.

Harapannya, pejabat yang berwenang seyogianya  mencari solusi buat menutup lobang kelemahan di TPA ini. Diperlukan duduk semeja lagi antara kedua SKPD terkait dalam menutup kelemahan ini. Agar keberadaan TPA benar-benar sesuai  rencana awal, sebagai lokasi pemprosesan sampah, sistem sanitarylanfil bukan seperti lokasi penimbunan sampah atau open dumping, dan tidak menimbulkan dampak lingkungan.

Baca Juga : DPD PAN Pasaman Barat Gelar Musda Secara Virtual

Belum terlambat membenahi sistem pe­nge­lolaan  TPA Regional Payakumbuh, karena jad­wal P2 diperkirakan sekitar bulan April  men­datang. Jadi, masih punya waktu sekitar 40 hari lagi, menjelang tim penilai P2 tiba di kota ini. “Kalau  kita gagal membenahi kelemahan TPA Re­gional ini, sudah pasti keinginan pasangan Wa­likota Riza Falepi dan Wawako Suwandel Much­tar, serta warga kota merebut kembali Piala Adi­pura tahun ini, bakal terwujud,” sebutnya. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]