Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Bencana


Senin, 23 Februari 2015 - 18:35:03 WIB
Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Bencana

Selain curah hujan cukup tinggi, dilaporkan angin ken­cang turut menyertai peru­bahan iklim sepanjang sepekan terakhir. Sehingga masyarakat di daerah-daerah rawan benca­na harus lebih waspada.

“Kita tak ingin menung­gu musibah datang, setelah itu baru kasak-kusuk. Karena cuaca spekan terakhir terbi­lang ekstrem, yang ditandai dengan intensitas hujan yang sangat tinggi dan disertai angin kencang, maka BPBD Kabu­paten Solok siaga penuh untuk menghadapi kemungkinan kemungkinan yang tak di­ingin­kan,” kata Abdul Manan, di Solok, Senin (23/2).

Lebih jauh dikata­kan­ya,­saat ini kondisi cuaca sangat esktrem dan berubah-ubah. Apalagi hujan deras frekuensi tinggi datang secara tiba-tiba, makanya harus disiapkan per­so­nel untuk an­tisi­pasi bencana karena Kota Solok termasuk daerah rawan banjir.

Apalagi belakangan musim hujan mengiringi kondisi cua­ca esktrem, sehingga dikha­watirkan Kabupaten Solok dapat tiba-tiba saja diserang banjir. Selain itu dengan kondi­si hujan dengan curah tinggi, sejumlah kawasan Kabupaten Solok, terutama  di Nagari Aie Dingin, Nagari Koto Sani dan Nagari Sungai Lasi.

“Makanya relawan ini ka­mi siagakan untuk mem­bantu pemerintah dan warga bila bencana datang, BPPD Kabu­paten Solok telah memper­siapkan relawan siaga bencana, terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) dan relawan kebaka­ran,” terang  Abdul Manan.

Ditambahkannya, relawan ini murni berasal dari masya­rakat dan keberadaannya juga di tengah masyarakat, sehingga memudahkan relawan ber­koor­dinasi dengan masyarakat saat terjadi bencana.

Selain mempersiapkan re­la­wan, BPPD Kabupaten So­lok juga intensif melakukan konsolidasi internal dan eks­ter­nal untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Ka­bu­­pten Solok.

“Konsolidasi internal dila­ku­kan dengan melaksanakan rapat rutin sesama personalia BPPD, sedangkan konsolidasi internal BPPD secara berkala melaksanakan rapat koor­dinasi dengan unsur peme­rintah, masyarakat dan TNI/Polri,” tukas Abdul Manan.(h/eri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]