Menteri Pertanian Jepang Mundur


Senin, 23 Februari 2015 - 18:48:43 WIB
Menteri Pertanian Jepang Mundur

Untuk mengurangi dampak ma­salah ini, PM Shinzo Abe menerima pengunduran diri Nishikawa dan langsung menunjuk Yoshimasa Hayashi sebagai pengganti. Padahal Yoshimasa pernah menjabat menteri pertanian sebelum digantikan Nishikawa. “Sangat mengecewakan. Saya bertanggung jawab atas penunjukannya (Nishikawa) sehingga saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat,” kata PM Abe. Selama ini, Nishikawa mendapatkan masalah di parlemen terkait donasi politik dari sejumlah sumber termasuk dari perusahaan kayu dan gula, yang mendapatkan subsidi pemerintah.

Nishikawa mengatakan, dia sudah mengembalikan semua uang yang diperolehnya dan bersikukuh tidak melanggar aturan apapun.

“Mereka yang tak paham, tak akan pernah memahami meskipun saya sudah menjelaskan. Sehingga saya memilih mengundurkan diri,” kata Nishikawa kepada wartawan.

Sejumlah analis mengatakan, pengunduran Nishikawa ini tak berpengaruh banyak terhadap kebijakan pemerintah, namun akan memberikan pekerjaan tambahan bagi PM Abe.

Apalagi, dua menteri sudah mengundurkan diri tahun lalu juga karena skandal dana politik, tak lama setelah Abe melakukan reshuffle kabinet untuk kali pertama.

“PM Abe membela Nishikawa dalam porsi yang wajar dengan mengatakan tak ada masalah apapun di balik mundurnya sang menteri. Artinya, akan ada dampak dari pengunduran diri ini,” kata Tomoaki Iwai, pakar politik dari Universitas Nihon. (h/kcm)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]