Puluhan Ton Giok Dilelang


Senin, 23 Februari 2015 - 18:58:51 WIB

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan bahwa Peme­rintah Indonesia seharusnya balas budi kepada Australia yang sudah memberikan bantuan korban  tsuna­mi Aceh pada 2004.  Bantuan Aus­tralia untuk Aceh senilai Rp13 triliun untuk rehab rekonstruksi pascatsunami 26 Desember 2004 lalu. Rakyat  korban tsunami Aceh  merasa sangat terhina  atas  per­ nyataan Perdana Menteri Tonny Abbott   tersebut. Karena itu, mereka siap mengembalikan bantuan Aus­tralia untuk Aceh senilai Rp13 triliun untuk rehab rekonstruksi pas­catsunami 26 Desember 2004 lalu.

Koordinator Gerakan Pejuang Rumah Tsunami (GPRS) Aceh Barat Edi Candra mengatakan, untuk mengembalikan bantuan Negara Kangguru tersebut masya­rakat melakukan penggalangan dana serta lelang beberapa ton batu giok Aceh. Pemerintah diharapkan men­dukung aksi itu.

“Berapalah cuma Rp13 triliun bantuan mereka. Tapi sakit hati ma­syarakat korban tsunami atas per­nyataan PM Australia ini tidak dapat kita terima. Rakyat Aceh bahkan Indonesia kami yakin tidak pernah meminta bantuan dari me­reka, itu dana kemanusiaan,” tegas Edi di Meulaboh.

Selain melakukan aksi lelang beberapa ton  batu giok, masyarakat korban tsunami di Aceh Barat,  membuat aksi menggali dua lubang kubur di Desa Ujong Kalak, Keca­matan Johan Pahlawan sebagai bentuk dukungan terhadap eksekusi mati terpidana mati WNA Australia. “Kami meminta terpidana mati ini segera dieksekusi dan mayatnya dikubur di Aceh Barat untuk mengo­bati rasa sakit hati rakyat Aceh atas pernyataan petinggi Australia itu,” tegasnya, seperti dilansir Antara.

Mengaitkan kontribusi Peme­rintah Australia membantu pem­bangunan sedikit infrastruktur di provinsi ujung barat Indonesia itu pascatsunami, tidak seimbang apa­b­i­l­a dua terpidana mati Australia harus dibatalkan ataupun dikurangi hukuman.

Bantuan yang diberikan tidak seimbang dengan kerusakan negara Indonesia akibat perbuatan mereka sebagai gembong narkotika, karena itu pantas apabila segera dieksekusi mati mendapat dukungan rakyat Indonesia.

Terlebih lagi Gubernur Aceh Zaini Abdullah ikut mengecam pernyataan PM Australia Tonny Abbott, karena mengaitkan bantuan untuk Aceh dengan persoalan pene­gakan hukum di Indonesia me­rupakan sikap yang tidak etis. “Kami dukung eksekusi hukuman mati untuk WNA manapun yang jelas-jelas menghancurkan rakyat In­donesia dengan narkoba, persoa­lan mereka beri bantuan biar kami galang dana untuk mengantikannya,” katanya menambahkan.

Masyarakat Aceh,  kata dia,  mendesak Tonny Abbott meminta maaf kepada rakyat Indonesia ter­utama korban tsunami Aceh 2004, karena pernyataannya telah me­nyinggung perasaan mereka. “PM Australia harus meminta maaf kepa­da korban tsunami Aceh, persoalan mengantikan bantuan mereka akan terus kami upayakan dengan menggalang dana dan lelang batu giok Aceh,” kata Rahmad Ojer, seorang korban tsunami. (h/dn/rol)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Maret 2019 - 11:46:52 WIB

    Puluhan Pedagang Kain Kota Solok Siap Menangkan Jokowi-Amin

    Puluhan Pedagang Kain Kota Solok Siap Menangkan Jokowi-Amin SOLOK, HARIANHALUAN.COM--Puluhan pedagang yang mengatas namakan Relawan Pedagang Pakaian Jadi Pasar Raya Solok, mendeklarasikan dukungan untuk Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01. Acara tersebut dipimpin .
  • Kamis, 13 September 2018 - 09:28:26 WIB

    Ada Puluhan Ribu DPT Ganda di Sumbar, Mulyadi: Harus Segera Dituntaskan

    Ada Puluhan Ribu DPT Ganda di Sumbar, Mulyadi: Harus Segera Dituntaskan Kisruh DPT (Daftar Pemilih Tetap) ganda juga berimbas di Sumbar. Pihak terkait punya klaim terkait jumlah DPT Ganda tersebut. Perlu percepatan proses sebelum DPT disahkan..
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:33:22 WIB

    Paslon Diberi Puluhan Ribu Bahan Kampanye

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh secara resmi menyerahkan seluruh kebutuhan kampanye ke masing-masing pasangan calon. Kebutuhan kampanye berupa Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM