Menperin Harapkan Indarung VI Segera Rampung


Selasa, 24 Februari 2015 - 19:47:30 WIB
Menperin Harapkan Indarung VI Segera Rampung

“Sejalan dengan ide peme­rintah pusat yang mengalihkan subsidi BBM ke pembangunan infrastruktur, maka ketika infrastruktur di­gen­jot tentu akan mem­butuhkan se­men yang banyak, di sinilah Semen Padang sangat dibutuhkan. Ki­ta berharap In­darung VI bisa cepat selesai dan hasilnya bisa segera dirasakan,” ujar Menperin.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Saleh Husin juga sangat meng­apresiasi rencana PTSP yang akan mengembangkan PLTU sendiri guna mendukung kinerja PTSP. “Tumbuh berkembangnya suatu industri tergantung dengan keter­sediaan energi. Jadi, dengan rencana PTSP yang akan membangun pem­bangkit listrik sendiri sangat di­dukung kementerian,” ujarnya.

Saleh Husin melanjutkan, keter­sediaan energi menjadi salah satu tantangan bagi Indonesia dan bah­kan Sumbar sendiri untuk menyon­song Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Desember 2015 mendatang.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

“Apabila tidak kita pikirkan dari sekarang kita bisa tertinggal oleh negara tetangga yang telah mengem­bangkan energi sendiri dengan harga yang juga relatif lebih murah,” terang Saleh Husin.

Direktur Utama PT Semen Pa­dang Benny Wendry dalam kesem­patan yang sama mengatakan, pem­bangunan Pabrik Semen Indarung VI diperkirakan akan selesai pada triwulan III 2016. Sejumlah per­siapan untuk operasional pabrik semen dengan kapasitas 3 juta ton itu, telah dilakukan pabrik semen tertua di Indonesia tersebut.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

“Ratusan tenaga kerja baru sudah direkrut dan sekarang ditugaskan bekerja di berbagai lokasi, baik di Padang, Dumai dan lainnya. Mereka dipersiapkan untuk bekerja di Indarung VI,” kata Benny.

Kehadiran Pabrik Semen Inda­rung VI akan menambah kapasitas produksi Semen Padang yang ada sekarang sebanyak 6,8 juta ton. Ditambah Pabrik Semen Padang yang ada di Dumai sebanyak 900 ton, sehingga kelak total produksinya berjumlah 10,7 juta ton per tahun.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Selama ini, pangsa pasar (market share) PT SP meliputi Sumatera dan sebagian Jawa. Ketika produksinya berlebih, PT SP akan mengekspor ke luar negeri. Namun, seiring pesatnya pembangunan di Indonesia bagian barat, PT SP lebih konsen­trasi untuk memenuhi kebutuhan lokal.

“Berbagai proyek besar di Su­matera menggunakan Semen Pa­dang. Termasuk juga pengerjaan cor jalan begitu kita memasuki kawasan Pekanbaru,” kata Benny.

Sementara untuk ekspor di kawa­san Asia Tenggara, bisa terlayani oleh Thanglong Cement Vietnam, yang merupakan grup Semen In­donesia.

Ramah Lingkungan

Rancangan pabrik Indarung VI ini berbasis teknologi “Green In­dustry” yang sangat memperhatikan aspek lingkungan. Peralatan terkait “dust dan gas” emisi seperti bag filter, Electrostatic Preciptator (EP) serta peralatan pengendalian emisi lainnya,  yang mengacu kepada pabrik dengan teknologi berbasis ramah lingkungan (Green Industry).

Ada lima aspek “Green In­dustry” yang akan diim­ple­men­tasikan di Indarung VI yakni, emisi udara jauh di bawah ambang batas, tata kelola sumber daya air, pe­nanganan limbah, optimalisasi penggunaan bahan bakar fosil serta meningkatkan penggunaan Alter­native Fuel, dan area hijau   seba­nyak 30 persen dari luas areal pabrik dan membangun green belt.

Peralatan dan mesin-mesin pa­brik Indarung VI dipilih dari ven­dor-vendor yang teruji dan dike­nal baik di dunia, seperti FL Smidth Denmark,  Takraf Jerman, Thyssen­krupp Jerman, Claudius Peter Jer­man serta beberapa vendor ternama lainnya, yang dibagi melalui bebe­rapa paket peralatan.

Pengelolaan proyek dilakukan secara “swakelola” dengan meman­faatkan potensi lokal (daerah dan nasional) yang maksimal, yaitu mencapai 70 persen dari volume proyek. Mengenai pendanaan pro­yek, selain memakai dana sendiri (PT Semen Padang/Semen Indo­nesia Group) juga pinjaman bank sindikasi melalui Bank Mandiri. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]