Dokter Kandungan atau Bidan?


Rabu, 25 Februari 2015 - 19:30:08 WIB
Dokter Kandungan atau Bidan?

1. Pilih dokter kandungan atau bidan

Mau pilih dokter kan­du­ngan atau bidan? Bidan me­miliki pengetahuan mengenai kehamilan yang bisa mem­bantu menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bi­dan juga bisa membantu persa­linan normal. Namun, jika ditengarai ada komplikasi, ia akan me­rujuk ke dokter kandu­ngan untuk penanganan lebih lanjut.

2. Memperbanyak pengetahuan

Makin banyak pe­-nge­ta­huan yang Anda miliki, makin siap Anda menghadapi keha­milan. Jangan malu untuk bertanya untuk menggali infor­masi lebih banyak. Jangan malas atau malu bertanya kepada sanak keluarga, kera­bat, teman, atau siapa pun yang baru-baru ini baru menjalani persalinan. Semakin banyak Anda bertanya, makin memu­dahkan Anda memilih dokter yang akan dipilih.

3. Dokter pria atau wanita?

Dokter kandungan, sudah sewajarnya memeriksa bagian seputar perut dan organ intim Anda. Amat penting untuk Anda menentukan, mana yang lebih nyaman, dokter kan­dungan pria atau wanita. Jika Anda merasa lebih nyaman dengan dokter kandungan wanita, segeralah mencari informasi di mana ada rumah sakit yang dokter kan­dungan­nya adalah wanita. Pada da­sarnya, dokter kandungan pria dan  wanita sama-sama sudah berbekal pengetahuan ilmu kebidanan.

4. Jarak

Perhatikanlah jarak dari rumah ke tempat praktik dok­ter atau bidan Anda. Semakin jauh, semakin sulit akses Anda ke sana jika ada hal-hal darurat atau ketika ada keperluan mendesak dengan dokternya.

5. Biaya

Biaya juga memiliki bobot penilaian yang cukup penting. Carilah informasi biaya peme­riksaan, konsultasi, dan per­salinan di tempat praktik si dokter dan bidan tersebut. Informasi ini penting untuk Anda melakukan perhitungan dana yang harus disiapkan agar tidak menjadi beban pikiran ke depannya.

6. Buat perjanjian dan beri penilaian

Dokter atau bidan yang Anda pilih akan menemani Anda selama 9 bulan masa kehamilan Anda. Karenanya, penting untuk Anda merasa nyaman dengannya. Tentukan pilihan Anda, lalu pilih bebe­rapa dokter kandungan atau bidan dari daftar informasi Anda, kemudian buatlah per­jan­jian. Ajak dokter tersebut berdiskusi mengenai keha­milan dan persalinan. Buat penilaian dari jawaban-jawa­ban yang ia berikan. Apakah Anda merasa nyaman dengan caranya menerangkan penge­tahuan ke­­pa­da Anda dan cara­nya me­nangani kehamilan? Bila dok­ter atau bidan tersebut kurang menyenangkan untuk diajak berdiskusi mengenai keha­milan Anda, tak mau me­n­ja­wab pe­r­ta­n­yaan Anda de­ngan terbuka, maka sebaiknya Anda me­m­buat perjanjian dengan dokter lain. Meski artinya Anda akan meng­e­luarkan biaya tambahan, na­mun ini adalah langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda dan si bayi. (h/kfm)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]