Syarat Calon Independen Semakin Berat


Rabu, 25 Februari 2015 - 19:47:01 WIB
Syarat Calon Independen Semakin Berat

Muftie juga menjelaskan, semakin kecil jumlah pen­duduk, semakin besar per­sentase du­kungan yang harus di kumpulkan oleh calon pe­rorangan. Untuk provinsi de­ngan jumlah pen­duduk di ba­wah dua juta maka pe­rsentase dukungan yang harus dipe­nuhi oleh calon perorangan adalah 10 persen, jika pen­duduk 2-6 juta maka du­ku­ngan 8,5 persen dan pen­duduk 6-12 juta maka du­kungan yang harus didapat 7,5 persen. Sedangkan pro­vinsi dengan jumlah pen­duduk lebih da­ri 12 juta jiwa, maka du­kungan yang harus didapatkan calon perorangan adalah 6,5 persen. Dukungan tersebut harus tersebar di 50 persen kabupaten kota di daerah penyelenggaraan Pilkada.

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

“Jika saat ini jumlah pen­duduk Sumbar berdasarkan data agregat kependudukan kecamatan (DAK2) 2013 se­ki­tar 5.617.977 jiwa, berarti calon perorangan gubernur harus mengumpulkan du­ku­ngan sekitar 450 ribuan foto­kopy KTP. Dan 50 persen harus tersebar di  minimal 10 kabupaten dan kota pe­nye­lenggara Pilkada,” ujar Mufti kepada wartawan, Rabu (25/2).

“Kami tidak akan mem­permasalahkan bagaimana cara calon perorangan akan menggal­ang atau mendapatkan dukungan. Tapi nanti kami perlu mencari tahu kebenaran du­kungan tersebut. KPU akan mengadakan proses ad­mi­nistrasi dan verifikasi faktual. Untuk pengecekan tersebut kami akan kerah­kan KPPS untuk mela­kukan verivikasi,” tambahnya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Jika hasil verifikasi me­nemukan tidak adanya du­kungan terhadap calon ter­sebut, maka KPU akan mem­beri kesempatan atau waktu untuk melakukan perbaikan dan memenuhi kekurangan dukungan tersebut.

Hal serupa juga berlaku bagi calon perorangan yang maju di tingkat kabupaten dan kota. Untuk kabupaten dan kota de­ngan jumlah penduduk 250 ribu jiwa, maka dukungan yang harus dipenuhi adalah 10 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan 250 ribu hingga 500 ribu, maka dukungan 8,5 persen, jika jum­lah penduduk 500 hingga satu juta maka persentasenya 7,5 persen. Dan jika kabupaten dan kota ter­sebut jumlah pen­duduknya lebih dari satu juta jiwa maka persentasenya adalah 6,5 per­sen. (h/mg-rin)

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]