Jangan Sepelekan Gejala Penyakit Kanker Ovarium


Kamis, 26 Februari 2015 - 18:57:56 WIB
Jangan Sepelekan Gejala Penyakit Kanker Ovarium

“Tanda-tanda penyakit ini sifatnya benar-benar sangat umum namun sangatlah utama dokter umum untuk seringkali menganggapnya juga sebagai tanda-tanda serius yang men­curigakan dari  penyakit kan­ker ovarium atau prog­nosis, “ ujar Dr. Sayer.

Baca Juga : Cobalah Selalu Tanyakan Hal Ini, Biar Suami Makin Sayang

“ Beberapa orang saat dibe­ritahu dokter bahwa keadaan mereka baik-baik saja, mereka condong terasa tak perlu lagi pergi memeriksakan kese­ha­tan­nya ke dokter, “ tuturnya.

Lantaran keadaan inilah dia mendorong wanita untuk lebih siaga saat alami tanda-tanda mungkin itu.

Baca Juga : Jangan Tergesa-gesa Mendoakan Keburukan, Perhatikan Dulu Hal Ini Sebelum Melakukan

“Bila kita dapat tahu masa­lah ini pada step di mana si pasien belum alami keku­rangan gizi lantaran sel kan­kernya belum menebar, kita mempunyai lebih banyak ter­da­pat pilihan aksi yang ada untuk segera membantu pasien tersebut, “ kata Dr Sayer.

Kekhawatirannya ini sudah di dukung oleh instansi Kan­ker Ovarium Australia, yang menyampaikan sikap remeh pada tanda-tan­da penya­kit kanker ovarium yg sangatlah umum ini telah jadi gosip yang pasti pada pasien.

Baca Juga : Bisa Ditiru Nih, Gaya Bupati Sragen Pakai Baju Muslim Unik Saat Suntik Vaksin Corona

“Kita ketahui ada beberapa wanita yang baru diberitahu bila mereka menanggung deri­ta penyakit kanker ovarium sete­lah berulang-kali bahkan juga bertahun-tahun meminta pen­dapat dari beberapa dokter, “ke­pala eksekutif Alison Amos.

Dokter menyampaikan tan­­­da-tanda da­ri pe­nyakit kanker yang umum, men­jadikan pe­nyakit ini susah didiagnosis serta karena itu tes skrining jadi tambah baik dipakai.

Baca Juga : Sarapan Pagi Ini: Resep Nasi Goreng Kluwek

Penyakit kanker ovarium kerap diremehkan.

Dr. Sayer menyampaikan sangat banyak pasien wanita yang berkunjung ke dokter dengan tanda-tanda seperti mulas yang berulang atau perut bengkak, namun penyakit kan­ker ovarium tidak sering diper­hitungkan.

Dia menyampaikan tanda-tanda umum yang selalu lebih buruk mesti jadi bendera me­rah untuk dokter untuk men­cari pemicu keluhan itu di ruang lain.

Presiden Fakultas Royal Australia, Dr Liz Marles me­nyampaikan tanda-tanda pe­nya­kit kanker ovarium bisa berbentuk umum serta susah untuk diidentifikasi.

“Beberapa hal seperti kem­bung, rasa kenyang, terasa perut penuh walau sebenarnya baru mengawali makan, yaitu tanda-tanda yang sangatlah umum pada pasien penyakit kanker ovarium biasanya, hingga dapat sangatlah susah untuk men­diagnosa, “ tuturnya. Dokter menyampaikan tes skrining yang tambah baik serupa dengan pap smear atau tes darah serta prostat dibutuhkan.

Dr. Marles menyampaikan bila tanda-tanda selalu berja­lan pasien mesti menjumpai kembali dokter mereka.

“ Disarankanlebih baik hu­bungi dokter yang sama yang pada saat mengecek anda pa­ling akhir kali hingga mereka bi­sa memperbandingkan tan­da-tan­da Anda, “ tuturnya. (h/rda)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]