Pengelolaan Sampah Payakumbuh Siap Dicontoh


Kamis, 26 Februari 2015 - 19:06:21 WIB
Pengelolaan Sampah Payakumbuh Siap Dicontoh

Menurut dia, sampah me­rupakan salah satu persoalan yang dapat berdampak buruk apabila tidak dikelola dengan baik. Baik sampah yang didaur ulang maupun sampah yang harus dimusnahkan. Persoalan ini perlu ditangani dengan serius. “Apabila sampah bisa dikelola untuk digunakan kembali, persoalan sampah ini bisa selesaikan,” tambahnya.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Kesungguhan Pemko Pa­yakumbuh dalam mengelola sampah, terutama setelah di­bangunnya TPA Regional di Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan, Pertamina Foun­dation yang memiliki program dalam penanggulangan sam­pah menjadi energy ter­ba­rukan. “Payakumbuh ber­ke­sempatan menjadi kota per­contohan dalam pengolahan sampah Nasional. kata Hi­dayat Untuk merealisasikan hal tersebut, awal Desember 2014 yang lalu, Pemko Pa­yakumbuh, mengirimkan 10 orang perwakilan dari 5 ke­camatan, ke daerah Bekasi Jawa Barat, untuk mempelajari pengelolaan sampah dengan jitu serta meminimalisir sam­pah yang terbuang. Kesepuluh warga ini nantinya akan me­n­jadi Duta Zerowaste.

Mereka akan bertugas un­tuk mensosialisasikan tentang pemanfaatan sampah kembali menjadi energi terbarukan bagi masyarakat luas bahkan bisa dijadikan lahan bisnis baru. “Kepercayaan ini akan kita dukung dengan sepenuhnya, sehingga sampah bukan lagi sebagai musuh yang harus dimusnahkan. Se­baliknya sam­pah malah bisa dijadikan ene­rgi terbarukan dan didaur ulang kembali menjadi bahan produksi yang bernilai tinggi. Seperti pupuk, bahan baku produksi, maupun biogas.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Kita bertekad, menjadikan Payakumbuh sebagai Kota Percontohan dalam mengelola sampah” kata Wawako yang didampingi Kabid Kebersihan dan Pertamanan Men Apris, termasuk Hidayat merupakan salah satu konsultan yang digandeng Pertamina Foun­dation dalam mensosia­lisa­sikan masalah persampahan. Pendiri PT. Mittran yang ber­gerak dibidang pengolahan sampah ini, merupakan indi­vidu yang telah lama berke­cimpung di dunia pengelolaan sampah. “Kota Payakumbuh memiliki potensi untuk bisa menjadi kota percontohan. Sebelumnya, kami telah mem­berikan kesempatan pada kota yang lain di Sumatera, namun mereka mengaku tidak sang­gup untuk melakukannya. Ter­lebih lagi, Pemko Paya­kumbuh juga mendukung pe­nuh ren­cana ini. Mudah-mudahan, program kita menjadikan sam­pah sebagai energy terbarukan dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Salah satu prestasi Hidayat yang lebih dikenal dengan Hidayat “Sampah”, yaitu men­jadikan kota Bekasi menjadi lebih bersih melalui Waste Management (Manajemen Per­­sam­pahan), dimana Hi­dayat menggandeng warga untuk ikut serta mengelola sampah menjadi energi ter­barukan dan mendatangkan bisnis yang beromzet jutaan rupiah. (h/zkf)

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]