5 Mantan Walikota Desak Cordoba Jadi Masjid Lagi


Kamis, 26 Februari 2015 - 19:14:23 WIB
5 Mantan Walikota Desak Cordoba Jadi Masjid Lagi

Dalam Bahasa Spanyol, Mezquita berarti masjid. Kata ini kerap ditulis dengan ‘m’ kapital untuk memberi te­kanan bahwa situs ini bukan sekadar masjid, tapi masjid agung. Mezquita adalah Mas­jid Agung Cordoba di era ke­kuasaan Islam di Spanyol.

Baca Juga : Dear Ibu-ibu, Harga Telur Ayam di Padang Turun Nih

Ketika pasukan Kristen me­ngu­sir Muslim dari An­dalusia, Mezquita dikonversi menjadi gereja. Sebuah ka­tedral dibangun di tengah masjid. Namun tidak sekali pun warga kota tetap me­nye­butnya Mezquita.

Untuk mencapai katedral, pengunjung harus melewati koridor dengan langit-langit lengkung tapal kuda. Hanya penganut Katolik yang boleh memasuki tempat ini, dan misa masih sering diselenggarakan.

Baca Juga : 6 Cara Belanja Perabotan Rumah Tanpa Merusak Kesehatan Finansial

Akibatnya, sebagai situs sejarah dan ikon masa lalu, Mezquita gagal menarik minat wisatawan dan pemerintah Andalusia tidak dapat me­nikmati berkah ekonomi sela­ma bertahun-tahun.

Dalam sebuah artikel di koran The Independent, salah satu mantan walikota me­nuntut Mezquita dike­m­ba­likan ke domain publik. Ia juga me­ngingatkan Gereja Katolik tidak akan bisa menghapus jejak Islam di dalam bangunan itu.

Baca Juga : Ternyata Ini Harta Karun RI yang Bernilai Ratusan Triliun

Desember lalu, pe­me­rin­tah Andalusia mengeluh ke Vatikan karena Gereja Katolik menggunakan nama Katedral Cordoba untuk menyebut Mez­­quita. Pemerintah An­dalusia menuduh Gereja Ka­tolik benar-benar sedang meng­hapus sejarah pra-Kristen di setiap keping batu bata ba­ngunan itu. Cordoba, menurut pemerintah Andalusia, tidak akan menjadi menjadi katedral karena publik kerap me­ny­e­butnya Mezquita. “Mezquita adalah simbol global per­temuan budaya, dan hari ini dunia membutuhkan simbol itu,” ujar Antonio Manuel Rodrguez, profesor hukum perdana Universitas Cordoba. Jose Gimenez Gueto, juru bicara Katedral mengatakan, sengketa ini dibuat-buat. Me­nurutnya, tempat ini telah menjadi tempat ibadah Kato­lik sejak 1236. (h/inl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]