5 Mantan Walikota Desak Cordoba Jadi Masjid Lagi


Kamis, 26 Februari 2015 - 19:14:23 WIB

Dalam Bahasa Spanyol, Mezquita berarti masjid. Kata ini kerap ditulis dengan ‘m’ kapital untuk memberi te­kanan bahwa situs ini bukan sekadar masjid, tapi masjid agung. Mezquita adalah Mas­jid Agung Cordoba di era ke­kuasaan Islam di Spanyol.

Ketika pasukan Kristen me­ngu­sir Muslim dari An­dalusia, Mezquita dikonversi menjadi gereja. Sebuah ka­tedral dibangun di tengah masjid. Namun tidak sekali pun warga kota tetap me­nye­butnya Mezquita.

Untuk mencapai katedral, pengunjung harus melewati koridor dengan langit-langit lengkung tapal kuda. Hanya penganut Katolik yang boleh memasuki tempat ini, dan misa masih sering diselenggarakan.

Akibatnya, sebagai situs sejarah dan ikon masa lalu, Mezquita gagal menarik minat wisatawan dan pemerintah Andalusia tidak dapat me­nikmati berkah ekonomi sela­ma bertahun-tahun.

Dalam sebuah artikel di koran The Independent, salah satu mantan walikota me­nuntut Mezquita dike­m­ba­likan ke domain publik. Ia juga me­ngingatkan Gereja Katolik tidak akan bisa menghapus jejak Islam di dalam bangunan itu.

Desember lalu, pe­me­rin­tah Andalusia mengeluh ke Vatikan karena Gereja Katolik menggunakan nama Katedral Cordoba untuk menyebut Mez­­quita. Pemerintah An­dalusia menuduh Gereja Ka­tolik benar-benar sedang meng­hapus sejarah pra-Kristen di setiap keping batu bata ba­ngunan itu. Cordoba, menurut pemerintah Andalusia, tidak akan menjadi menjadi katedral karena publik kerap me­ny­e­butnya Mezquita. “Mezquita adalah simbol global per­temuan budaya, dan hari ini dunia membutuhkan simbol itu,” ujar Antonio Manuel Rodrguez, profesor hukum perdana Universitas Cordoba. Jose Gimenez Gueto, juru bicara Katedral mengatakan, sengketa ini dibuat-buat. Me­nurutnya, tempat ini telah menjadi tempat ibadah Kato­lik sejak 1236. (h/inl)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM