Pecandu Narkoba di Sumbar 63.873 Orang


Kamis, 26 Februari 2015 - 19:19:49 WIB
Pecandu Narkoba di Sumbar 63.873 Orang

“Sementara di Sumbar pecandu narkoba mencapai 63.873 orang. Sedangkan yang sudah melaporkan diri secara sukarela mencapai 1.080 orang, sementara yang direhabilitasi baru 80 orang sisa rehabilitasi jalan,” terang Arnomowo.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Besarnya penyalahgunaan narkoba kata Arnowo, telah menelan kerugian ekonomi dan sosial mencapai Rp61,3 triliun per tahunnya. Sehingga diperlukan langkah-langkah optimal.  “Besarnya potensi pengguna narkoba di Indonesia, bagi para pengedar Indonesia sudah dibidik untuk dijadikan pasar narkoba oleh produsen dan pengedar. Malahan Kota Padang sudah menjadi transit jaringan narkoba Internasional,” terangnya.

Arnowo menambahkan, sebagai pekerja medis para calon perawat ini akan tentu bersentuhan dengan yang namanya pengguna narkoba. Di Sumbar sendiri baru 11.000 pecandu yang telah direhabilitasi, sementara untuk IPWL masih sangat terbatas untuk menampung pecandu.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Saat ini kata Arnowo,  Sumbar masih terbatas Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL), dimana baru ada enam IPWL yang tersebar di kabupaten/kota, yakni di Kota Padang sebanyak tiga Rumah Sakit (RS), Bukittinggi sebanyak tiga RS, Agam satu Puskesmas dan Payakumbuh satu Puskesmas.

“Ada anggapan yang salah di masyarakat bahwa pecandu harus di penjara, sehingga setelah selesai di penjara mereka akan kembali memakai narkoba. Seharusnya pecandu ini sebaiknya direhabilitasi,” paparnya.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Ketua Stikes Ranah Minang Efrida mengatakan, Stikes Ranah Minang dan Yayasan Ranah Minang sangat mendukung dan ingin terlibat dalam pemberantasan narkoba di Sumbar. “Kami sering mengundang mengundang pemateri dari luar untuk melakukan penyuluhan narkoba di Stikes Ranah Minang,” terangnya.

Ia melanjutkan, Stikes Ranah Minang akan terjun ke masyarakat di kabupaten/kota di Sumbar untuk melakukan penyuluhan tentang AIDS dan narkoba.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

“Semoga apa yang sama-sama kita sepakati melalui nota kesepahaman beberapa waktu lalu benar-benar akan terlaksana. Kami dari Stikes Ranah Minang siap mendukung BNNP untuk memberantas narkoba di Sumbar,” ungkapnya.

Sebelumnya BNN Provinsi Sumbar melakukan deklarasikan gerakan rehabilitasi 100.000 pecandu narkoba dengan menggandeng Pemprov Sumbar, Polda Sumbar, Korem 032 WRB, akademisi dan kepala daerah kabupaten/kota se Sumbar yang diadakan di Auditorium, Gubernuran, Sumbar Senin (16/2). (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]