Suriah Desak PBB Tarik Israel


Jumat, 27 Februari 2015 - 19:46:14 WIB
Suriah Desak PBB Tarik Israel

Tujuannya ialah untuk meng­akhiri praktek berdarah Israel dan pelanggaran yang terus dilakukan Israel terha­dap Piagam PBB dan hukum kemanusiaan.

Kementerian Luar Negeri di Damaskus juga menyam­paikah keluhan kepada De­wan Keamanan mengenai pe­nangkapan kembali Sudki Al-Makt, mantan tahanan Suriah di Israel, oleh negara Yahudi tersebut dari Kota Kecil Maj­dal Shames di Dataran Tinggi Golan, kata Xinhua mela­porkan.

“Al-Makt telah menjadi tahanan di penjara Israel selama 27 tahun tanpa dasar hukum atau etika sebelum ia dibebaskan pada Agustus 2012,” kata SANA.

Ditam­bah­kannya, penangkapan kem­­bali Al-Makt pada Rabu dini hari adalah kejahatan yang menambah daftar panjang agre­si lintas-wilayah Israel terhadap rakyat Suriah.

Suriah secara teknis masih berada dalam kondisi perang dengan Israel sejak Israel ber­diri pada 1948. Permusuhan mereka telah meningkat sete­lah Pemerintah Suriah mem­beri dukungan kepada faksi Hizbullah di Lebanon.

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah sela­ma Perang Arab-Israel 1967 dan sebanyak 100.000 orang Suriah melarikan diri dari Dataran Tinggi Golan.

Suriah terlibat perang lagi pada 1973 dengan Israel enam tahun kemudian, setelah Da­mas­kus merebut kembali seba­gian kecil tanahnya yang didu­duki Israel.(h/ans)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]