Besar Pasak Daripada Tiang


Ahad, 01 Maret 2015 - 18:38:55 WIB
Besar Pasak Daripada Tiang

Untuk mengetahuinya, ada sejumlah tanda yang bisa dijadikan acuan:

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

1. Keuangan Anda tidak bisa membuat Anda survive sampai enam bulan ke depan

Adalah menarik me­nge­tahui sebesar apa tabungan kita sampai bisa dibilang stabil dari segi keuangan. Sejumlah pakar keuangan, di antaranya Sheryl Garrett, menyebutkan ada baiknya simpanan hari tua, uang darurat, atau apapun sebu­tannya, dapat membuat Anda bertahan sampai seti­daknya selama enam bulan. Itu sudah hitungan biaya makan, transportasi, cicilan, dan sebagainya. Ke­napa demikian?

Baca Juga : Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

Bayangkan se­ki­ra­nya Anda di­ber­hentikan atau ber­henti dari pekerjaan seka­rang, setidak­nya Anda masih punya sim­pa­nan sampai An­da mendapatkan pekerjaan baru dengan standar gaji yang sama.

2. Hanya menyisihkan 10 persen dari gaji setiap bu­lannya

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

Idealnya seseorang dian­jurkan untuk menyisihkan gaji yang diperoleh setiap bulannya sebesar 10 per­sen untuk hari tua mulai sejak usia 25. Beranjak dari laporan tahun 2011, Cen­ter for Retirement Re­search at Boston College menghitung bahwa jika seseorang menabung sejak usia 25 dan pensiun di usia 70 tahun, ia perlu me­nyisihkan penda­patan minimal 7 per­sen su­paya mencapai keuangan yang stabil. Kalau mau pensiun lebih awal di usia 65, maka sisihkanlah 15 persen dari gaji Anda setiap bulan.

3. Cicilan rumah Anda lebih dari satu minggu hitu­ngan gaji

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Hal ini berkaitan dengan ke­mam­puan Anda membeli rumah dengan har­ga sesuai dengan peng­hasilan Anda. Satu minggu hitungan gaji adalah gam­baran kasar saja.

“Artinya bahwa pem­ba­yaran cicilan Anda tidak boleh lebih dari seperempat dari pendapatan Anda,” ujar Harold Evensky, perencana keuangan bersertifikasi, dan Presiden Evensky & Katz Wealth Management di Co­ral Gables, Fla. Dengan kata lain, usahakan cicilan rumah Anda kira-kira sepe­rempat saja dari gaji Anda.

4. Tagihan kartu kredit sama seperti tahun-tahun yang lalu

Hanya dengan me­nge­tahui bahwa tagihan kartu kredit sela­lu sama, sudah merupakan tanda bah­wa Anda lebih banyak me­nge­luarkan daripada mema­sukkan uang.

Apalagi jika pemakaian kartu kredit jus­tru lebih besar setiap tahun atau setiap bulannya. Karena, utang kartu kredit biasanya tidak membiayai aset yang be­r­kembang, melainkan ha­nya membiayai gaya hidup. Jika Anda bisa mengontrol diri dan setiap kali mampu me­ngurangi jumlah tagihan, akan baik untuk kondisi keuangan Anda.

5. Mudah terayu oleh barang atau cicilan tanpa bunga

Seringkali ada pena­waran menarik yang datang meng­hampiri, di mana Anda bisa mem­beli barang impian An­da dengan cara men­cicil namun Anda bisa membayar cicilannya tanpa bunga, dan seba­gainya.

Ada juga yang mena­war­kan pembayaran tan­pa bu­nga dalam pe­rio­de ter­tentu, misalnya sampai setahun yang akan datang. Lebih baik tidak ambil resi­ko, hanya de­ngan mem­ba­yang­kan apakah Anda mam­pu mem­bayarnya bela­kan­gan. Karena jika sekarang saja Anda tidak mampu, bagai­mana nanti?

6. Membayar tagihan kar­tu kredit dengan kartu kredit lainnya

Inilah ciri khas lain orang yang besar pasak daripada tiang.

Anda selalu men­cari kar­tu kredit baru untuk me­min­dahkan tagihan da­ri kar­tu kre­dit yang lama. Menurut Erin Baehr, perencana keua­ngan di Strouds­burg, Pa, jika Anda me­num­puk utang da­lam kartu kredit yang me­nerapkan bunga tinggi, me­min­­dahkan tagihan kartu yang satu ke kartu lain yang bu­nganya lebih rendah me­mang akan mengun­tung­kan.

Tetapi kalau An­da men­transfer tagihan ke kartu lain yang bunganya tinggi untuk meningkatkan limit kartu kredit, itu bukan­lah kepu­tusan yang bijak.

7. Sebelum membeli se­sua­tu Anda se­ring berpikir, “Saya tahu, tidak seharusnya saya mem­belinya, tapi....”(h/bkp)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 10:51:29 WIB

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih Akhir pekan selain diisi dengan jalan-jalan, juga sangat pas diisi dengan berdiam di rumah bersama keluarga.Tentu saja ditemani dengan camilan dan secangkir teh. Dan ide camilan untuk hari ini adalah muffin keju..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:43:50 WIB

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman Kopi sering dijauhi oleh penderita penyakit asam lambung, karena dalam kandungan kopi ada kafein dan klorogenat. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:19:03 WIB

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat Institute of Corporate Reputation merilis peringkat grup band idola K-Pop berdasarkan "brand value" di awal Januari 2021. Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu (23/1/2021), survei dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 23 Jan.
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 11:27:51 WIB

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya Dalam Islam hukum asal jual beli itu halal dan boleh. Namun, ada jual beli yang diatur objeknya, tidak bebas diperjualbelikan. .
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 06:21:52 WIB

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya Apa minuman yang paling populer di dunia? Tentu saja kopi. Minum kopi dapat menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi 'ritual' banyak orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]