Diharapkan Mampu Tingkatkan Pelayanan dan PAD


Ahad, 01 Maret 2015 - 18:43:38 WIB
Diharapkan Mampu Tingkatkan Pelayanan dan PAD

Dalam pertemuann ters ebut Komisi IV DPRD Padang Pari­aman yang dipimpin se­kre­taris Komisi, Dwiwarman dan Pe­merintah Bangli dipim­pin oleh asiste I yang didam­pingi oleh beberapa pimpinan SKPD mintra kerja dari komisi IV, salah satunya yakni Dinas Kesehatan.

Baca Juga : Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

Dalam pertemuan kedua daerah tersebut, Komisi IV lebih memfokuskan pada pada bidang kesehatan, terutama sekali dalam layanan di Pus­kesmas dan RSUD. “Kami akan fokuskan pada sistim layanan pada RSUD dan Pus­kesmas,” terang Defriadi ang­gota komisi IV DPRD Padang Pariaman. Menurutnya, se­telah per­temuan dari dua da­erah yakni Kabupaten Gianyar dan Bang­li, yang paling me­nonjol dan perlu di bawa ke Padang Pa­riaman, salah sa­tunya yakni, bidang kesehatan. Seperti yang di­terapkan di Ka­bupaten Gia­nyar, hampir se­luruh Puskes­masnya telah dijadikan BLUD. Sementara itu di Kabupate Bangli, BLUD baru di­terapkan pada RSUD dan Puskesmas sedang diper­siapkan untuk dijadikan BLUD.

Seperti yang disampaikan oleh Asiste Bangli, I Wayan Lawe saat berdialog dengan para anggota Komisi IV DP­RD Padang Pari­aman, setelah pengelolaan RSUD dijadikan BLUD, retrebusi di bidang kesehatan meru­pakan salah satu penyumbang terbesar untuk PAD Bangli. “Tapi yang lebih meningkat dan sangat berdampak pada masyarakat, yakni layanan kesehatan yang semakin baik,” katanya.

Baca Juga : Dishut Sumbar Targetkan ITH Sebesar 61% Tahun Ini

Menurut I Wayan Lawe, sebelum pe­ngelolaan RSUD dijadikan BLUD PAD Bangli bidang kesehatan hanya Rp3 miliar. Setelah dijadikan BLUD, PAD meningkat cukup sinifikan yakni mencapai Rp35 miliar/tahun. Mendapat informasi terse­but, para ang­gota komisi IV dengan sangat antusias meminta data dan informasi tentang BLUD ter­sebut. “Kami akan sarankan pada Bupati untuk mengkaji BLUD ini diterapkan untuk Padang Pariaman,” ujar Basir anggota Komisi IV dari fraksi Demokrat.

Dalam kunjungan tersebut Dwiwarman sebagai pimpinan komisi IV dihadapan Pemkab Bangli, memaparkan tetang tujuan kunjungannya ke Ka­bupaten Bangli. “Kami ber­kunjung kemari yakni untuk menjalin tali selahturahmi antara daerah Kabupaten Pa­dang Pariaman dan Bangli dan saling bertukar informasi ten­tang program pem­ba­ngunan ke dua daerah,” jelasnya.m Disampaikan Dwiwarman, DPRD Padang Pariaman yang saat ini baru berumur lk.6 bulan, tentunya memiliki ba­nyak kekurangan di berbagai sektor. “Sebagai orang yang baru duduk di kursi legeslatif, tentunya kami harus banyak belajar. Sehingga mampu mem­berikan yang terbaik bagi masyarakat Padang Pariaman,” kata Dwiwarman. Pada ke­sempatan itu, Dwiwarman atas nama pemerintah Padang Pari­aman juga mengajak Pemkab Bangli untuk berkunjung ke Padang Pariaman. (h/ded)

Baca Juga : KPHP Dharmasraya Usulkan Perluasan Wilayah Kerja Pengelolaan Hutan Sosial

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]